Kamis, 26 Sep 2019 16:45 WIB

Kata Menperin Soal 'Mobil Hantu' Wuling

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia
Jakarta - Wuling Motors Indonesia mengenalkan mobil listrik mungil E200 di pabrik Wuling, Cikarang, Rabu (25/9/2019). Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sempat mendekati mobil tersebut sebelum merapat ke seremoni ekspor Almaz yang disebar ke tiga negara Asean.

"Tadi sebelum peresmian sudah dipertunjukkan bapak Xu Feuyun (Presdir PT SGMW Motor Indonesia). Wuling pun siap dengan autonomus vehicle. Tadi dipertontonkan E200, Ini menunjukkan bahwa teknologi SGMW sudah sangat maju," kata Airlangga di Cikarang, Rabu (25/9/2019).

Mobil yang mampu berjalan tanpa sopir yang seperti mobil berhantu adalah Wuling E200. Sebelumnya mobil itu pernah tampil dalam ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019.


Para awak media juga diperlihatkan bagaimana Wuling E200 berjalan di area pabrik Wuling di Cikarang, Rabu (25/9/2019). Bahkan sesekali ada yang menyebut "Mobil setan nih nggak ada sopirnya".

Sempat mobil beberapa kali berhenti tidak berjalan ketika di depan terdapat orang yang hendak mengambil foto. "Ini mobil nggak bakal jalan kalau di depannya ada orang," tutur Brand Manager Wuling Indonesia, Dian Asmahani.


Presiden Direktur PT SGMW Motor Indonesia Xu Feiyun mengatakan masih menunggu kejelasan aturan dari kendaraan listrik di Indonesia untuk memasarkan E200 di Tanah Air.

"Yang paling penting ini masih berhubungan dengan regulasi pemerintah terkait mobil listrik di Indonesia. Setelah kita tadi berbincang dengan menteri, sebenarnya dari menteri sendiri juga mendukung untuk bagian parts mobil listrik. Tapi untuk keseluruhan produknya kami Wuling sudah siap," tuturnya.

Beberapa teknologi canggih di mobil otonom tersebut memiliki nama fitur seperti forward coilision warning yang mampu mendeteksi kondisi jalan di depan, intersection collision warning, berguna untuk mencegah tabrakan di persimpangan.


Bentuknya cukup mungil, Wuling E200 berdimensi panjang 2.497 milimeter, lebar 1.526 milimeter dan tinggi 1.616 milimeter.

Mobil ini didukung motor listrik dengan baterai lithium yang menghasilkan daya maksimal sebesar 29 kw dengan torsi sebesar 110 Nm yang mampu dipacu mencapai kecepatan 100 km/jam. Dalam kondisi baterai penuh, Wuling E200 dapat menempuh jarak sampai dengan 250 kilometer.

Simak Video "Mobil Listrik BMW i3s, Mungil tapi Bertenaga"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com