ADVERTISEMENT
Selasa, 24 Sep 2019 09:53 WIB

McLaren Ogah Ikutan Bikin SUV

Rizki Pratama - detikOto
McLaren. Foto: Pool/McLaren McLaren. Foto: Pool/McLaren
Jakarta - Mobil SUV tengah menjadi tren di seluruh dunia. Beragam pabrikan pun berlomba-lomba untuk memproduksi mobil SUV tak terkecuali produsen supercar.

Tren ini pertama kali dicetus oleh Porsche supaya mendapatkan skala ekonomi yang cukup untuk perputaran finansial mereka. Berkat mobil SUV-nya yang sukses, Cayenne telah menjadi tulang punggung Porsche untuk terus membuat mobil sport.


Sejak saat itu merek-merek lain pun mengikuti langkahnya seperti Rolls-Royce, Lamborghini, dan sebentar lagi Ferrari. Namun perusahan mobil sport asal Inggris, McLaren menegaskan ribuan kali bahwa mereka tidak akan menyentuh segmen itu.

"SUV itu biasa saja, mereka hanya mengejar angka, tidak murni," kata Direktur McLaren Sport Series, Darren Goddard menanggapi pesaingnya mulai memperlebar lini modelnya ke SUV.

Di saat perusahaan lain berusaha untuk menumbuhkan pasar dan perputaran uang yang cepat, McLaren sama sekali tampak tidak ingin memrproduksi mobil sampai lebih dari 6.000 unit per tahun.

Kalaupun ada langkah ke sana, McLaren menghadapi masalah dalam pengembangan platform proyek SUV mereka. Goddard menyoroti SUV kompetitor mereka menggunakan platform yang sama. Pernyataannya memang tidak salah karena Porsche Cayenne, Bentley Bentayga, dan Lamborghini Urus berada di bawah satu platform Volkswagen Group.



Sementara itu Ferrari adalah perusahaan mobil sport satu-satunya yang secara mandiri dan eksklusif membangun SUV-nya sendiri.

McLaren akan meyakini pilihan yang dijalaninya dengan fokus pada mobil super cepat. Tahun lalu McLaren berhasil meningkatkan penjualannya sebesar 43,9 % dengan total 4.806 unit penjualan. Meski tak tergiur SUV, McLaren tengah mempersiapkan dengan hati-hati dan perlahan mobil hyper elektriknya.

Simak Video "Kompetisi SUV Modifikasi, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com