Selasa, 24 Sep 2019 06:52 WIB

Hak Jawab Hankook Indonesia Soal Ban Kedaluwarsa

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Produsen ban Hankook Tire Indonesia menyampaikan hak jawab atas pemberitaan detikcom mengenai ban yang kedaluwarsa. Berikut hak jawab lengkap Hankook.

Salam hangat dari Hankook Tire Indonesia,

Semoga Detik.com terus berjaya sebagai media massa daring di Indonesia. Melalui surat elektronik ini, kami, mewakili Hankook Tire Indonesia mengucapkan ribuan terima kasih atas kesediaan Detik.com, ikut dalam kunjungan media ke pabrik Hankook Tire Indonesia, di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Hankook Tire Indonesia juga berterima kasih atas upaya dan kesediaan Detik.com memberitakan informasi yang kami keluarkan saat kunjungan tersebut berlangsung.

Tak mengurangi rasa hormat kami kepada team redaksi Detik.com, kami ingin menyampaikan hak jawab atas judul dan isi berita dalam pemberitaan Hankook Tire Indonesia di detik.com bertajuk "Begini Cara Mengetahui Masa Kedaluwarsa Ban Mobil" pada tanggal 18 September 2019 dan ditulis oleh Luthfi Anshori, dengan link pemberitaan sebagai berikut:

https://oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-4711052/begini-cara-mengetahui-masa-kedaluwarsa-ban-mobil

Dalam pemberitaan tersebut, terdapat kekeliruan informasi yang diberikan oleh narasumber yang dikhawatirkan akan menimbulkan kebingungan bagi konsumen. Adapun dalam berita tersebut dinyatakan oleh narasumber, Robby Unggul, bahwa :

"Usia ban kalau berdasarkan APBI (Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia), ada yang 3 tahun dan ada yang 5 tahun"

Namun menurut data yang benar adalah bahwa :

"Usia garansi ban kalau berdasarkan APBI (Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia), ada yang 3 tahun dan ada yang 5 tahun. Terhitung sejak pembelian, bukan sejak diproduksi. Untuk ban Hankook sendiri tidak memiliki kadaluarsa selama penyimpanannya berada dalam keadaan baik."

Oleh karena terdapat perbedaan isi dan data yang sebenarnya, maka kami mengharapkan kebijaksanaan team redaksi Detik.com terkait judul berita yang awalnya :

Begini Cara Mengetahui Masa Kedaluwarsa Ban Mobil

Menjadi :

Begini Cara Mengetahui Usia Ban Mobil

Dengan demikian, mohon bantuannya untuk merevisi judul dan isi berita pada pemberitaan tersebut karena dikhawatirkan publik akan salah dalam merepresentasikan isi berita tersebut.

Semoga Hak Jawab ini dapat bermanfaat untuk para pembaca setia detik.com. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan mohon maaf dan terima kasih.



Simak Video "Memasuki New Normal, 7 Benda Ini Wajib Ada di Mobil Kamu"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com