Senin, 23 Sep 2019 14:15 WIB

Nissan Bantah Tutup Pabrik di Purwakarta

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pabrik PT Nissan Motor Indonesia memproduksi mobil merek Datsun. Foto: detikOto Pabrik PT Nissan Motor Indonesia memproduksi mobil merek Datsun. Foto: detikOto
Jakarta - Nissan dikabarkan telah menutup salah satu pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat. Namun, kabar tersebut dibantah oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

PT Nissan Motor Indonesia menegaskan, pihaknya masih mengoperasikan pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat. Namun, pabrik tersebut bukan untuk memproduksi mobil Nissan, melainkan hanya fokus memproduksi mobil merek Datsun.

"Rencana optimasi mencakup mengatur ulang operasi bisnis, rightsizing dan optimasi produksi," kata President Director PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, dalam pernyataan tertulis kepada detikcom, Senin (23/9/2019).



Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia Hana Maharani menambahkan, saat ini pabrik PT Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat, masih beroperasi seperti biasa. Hanya, pabrik Nissan itu cuma memproduksi mobil merek Datsun, merek di bawah naungan Nissan untuk negara berkembang.

"Sebenarnya (pabrik) Nissan di Indonesia saat ini memproduksi Datsun. Dan ini sebenarnya sudah lama diumumkan strategi ini," kata Hana kepada detikcom melalui sambungan telepon, Senin (23/9/2019).



Sebelumnya memang dikabarkan Nissan menutup satu dari dua pabrik di Indonesia. Namun, Hana memastikan sebenarnya pabrik PT Nissan Motor Indonesia itu satu fasilitas.

"Itu sebenarnya satu (wilayah) PT Nissan Motor Indonesia. Jadi dulu kita ada Nissan dan Datsun, dan sekarang kita mau optimasi produksi, jadi yang diproduksi di sini hanya Datsun. Nissan-Datsun sebelumnya satu pabrik, bukan dua pabrik berbeda. Sebenarnya itu satu fasilitas," tegas Hana.

Saat ini, kata Hana, pabrik PT Nissan Motor Indonesia masih beroperasi memproduksi mobil Datsun seperti Datsun GO, Datsun GO+, sampai Datsun Cross.

Simak Video "Mobil-mobil Masa Depan Ala Nissan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com