Selasa, 17 Sep 2019 17:06 WIB

Punya Tampang Mirip, Calya Tidak Akan Goda Pencinta Avanza

Ridwan Arifin - detikOto
Toyota New Calya Foto: Rifkianto Nugroho Toyota New Calya Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Bahasa desain fascia atau tampang baru New Calya dirasa mirip dengan sang kakak Avanza. PT Toyota Astra-Motor (TAM) kendati hampir mirip tidak melulu akan menyasar pecinta Avanza.



Kemiripan Calya dengan Avanza bisa terlihat dari grille depan yang dibuat lebih besar dari generasi sebelumnya, serta terdapat tiga bilah horizontal. Pun demikian dengan letak fog lamp atau lampu kabut terletak di sisi luar seperti milik Avanza-Veloz.

Penggunaan lampu pun sudah menggunakan LED seperti milik Avanza. Direktur Pemasaran PT Toyota Astra-Motor mengatakan Toyota menciptakan gaya khusus di setiap modelnya sehingga tidak akan saling makan di segmen lain.

Toyota New CalyaToyota New Calya Foto: Rifkianto Nugroho


"Kalau kita bandingkan antara Avanza dan Calya, rasanya tetap walaupun beberapa fitur seperti tadi LED headlamp itu sama-sama LED. Ada banyak fitur-fitur lain yang khas dimiliki. Jadi memang ada perbedaan. Contohnya dari sisi engine, Avanza kan 1.300 cc dan 1.500 cc. Sedangkan Calya 1.200 cc," kata Anton di peluncuran New Calya, Jakarta Selatan.

Toyota New CalyaToyota New Calya Foto: Rifkianto Nugroho



"Kemudian contoh lain yang membedakan juga ground clearance, kemudian space nya sendiri. Dan juga fitur-fitur lain. Dengan adanya Calya, konsumen Avanza akan tetap fokus di Avanza. Calya mudah-mudahan tetap di Calya. Seminimal mungkin akan terjadi persaingan atau kanibalisasi," ujar Anton.

New CalyaNew Calya Foto: Rifkianto Nugroho


Senada dengan hal tersebut, Direktur Marketing PT TAM, Kazunori Minamide menjelaskan bahwa model dan profil konsumen antara Calya dan Avanza berbeda kemungkinan terjadinya pergeseran konsumen ke produk lebih murah lebih kecil.



"Kalau kita lihat secara keseluruhan di pasar MPV ada Calya, Avanza, dan di atasnya itu ada Innova," kata Kasunori.

Toyota New CalyaToyota New Calya Foto: Ridwan Arifin


"Setiap model memiliki keistimewaan dan juga harga, fitur juga berbeda. Maka menurut saya itu tidak akan terjadi kanibalisasi," sambungnya.

Simak Video "Mobil Listrik Perdana Lexus Seperti Burung Camar"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com