Selasa, 17 Sep 2019 13:38 WIB

Mobil LCGC Bakal Kena PPnBM, Daihatsu Pede Segarkan Sigra

Rizki Pratama - detikOto
Daihatsu Sigra Foto: Ari Saputra
Tangerang - Setelah selama ini menikmati fasilitas bebas Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM), mobil LCGC (Low Cost and Green Car) bakal kena pajak sebesar 3%. Daihatsu yang penjualannya dipimpin oleh LCGC Daihatsu Sigra tampaknya tidak mencemaskan hal tersebut dengan menyajikan penyegaran pada Sigra.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melihat pada saat pajak LCGC 3 % ini berlaku daya beli konsumen juga akan meningkat. "Kita lihat nanti waktu itu diimplementasikan, kita berharap pada waktunya nanti konsumen kita sudah mempunyai tingkat ekonomi yang lebih baik sehingga tidak masalah ada pajak 3 persen," kata Division Head Marketing & CR PT AI-DSO, Hendrayadi Lastiyoso usai peluncuran New Daihatsu Sigra di Summarecon Mall, Tangerang, Senin (16/9/2019).




Hendra tidak memungkiri bahwa penjualan LCGC selama ini tertolong oleh bebasnya PPnBM. Ia melihat aturan pajak baru ini akan menyesuaikan kantong konsumen di Indonesia.

"PPnBM sekarang kan 0 persen tentu mendorong kita membuat harga terjangkau untuk konsumen kita. Makanya sampai tahun ini ada 21 persen kontribusinya. Kita lihat dulu tapi kita harap nanti konsumen kita membaik ekonominya dan tidak mengganggu," lanjutnya.

Meski begitu kenaikan 3% persen itu dapat diimbangi dengan insentif lain dari pemerintah. Syaratnya mobil LCGC harus melakukan pengembangan mesin yang lebih ramah lingkungan.



Melihat peluang tersebut, Daihatsu sendiri tampaknya perlu mengatur kembali strategi mobil LCGC mereka. Seperti diketahui penerapan dan alih teknologi baru memerlukan biaya investasi yang besar sehingga tak menemui skala bisnis yang ditargetkan.

"Kita ikut aja karena pada dasarnya teknologi Jepang sama, ada barang ada harga, kalau mau teknologi lebih tinggi pasti ada harga yang harus dibayar. Terserah pemerintah ditetapkan berapa, mampu atau tidak," kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra di tempat yang sama.

Simak Video "Melihat Tampang Anyar Daihatsu Sigra"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com