Senin, 16 Sep 2019 18:38 WIB

TKDN Mencapai 94 Persen, Sigra Bukan Mobil Nasional

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Harga murah mobil LCGC tak lepas dari kontribusi pemasok komponen lokal yang menjadi vendor utama pembuatannya. Semakin banyak komponen lokal yang dikandung semkain besar pula biaya produksi sehingga berimbas pada murahnya penawaran harga pada konsumen.

Daihatsu Sigra terbaru pun menjadi salah satu mobil produksi dalam negeri yang kandungan lokalnya sangat tinggi. Melalui model terbaru yang baru saja diluncurkan, Daihatsu Sigra telah mengantongi TKDN sebesar 94 persen. Meski begitu, mobil ini tak bisa disebut sebagai mobil nasional.





"TKDN sudah 94 persen. (mobil nasional?) nggak boleh yang namanya penentuan mobil nasional itu bukan pihak kita. Bukan kita yang klaim dan nggak ada mobil nasional sekarang semua sama aja," kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra di peluncuran New Daihatsu Sigra Summarecon Mall, Tangerang, Senin (16/9/2019).

New Daihatsu SigraNew Daihatsu Sigra Foto: Ari Saputra


Sisa 6 persen yang belum dihasilkan langsung dari dalam negeri adalah girboks transmisi khususnya untuk matik yang masih didatangkan langsung dari Jepang.

"Berhubungan gear masih sebagian besar dari Jepang itu yang bikin inden matik lama," ungkap wanita yang akrab disapa Amel ini.

Untuk mencapai TKDN 100 persen pun merupakan pekerjaan yang berat diterapkan di Indonesia. Untuk alih teknologi khusus girboks memerlukan investasi yang besar.




"Gear yang kita buat perlu presisi investasi mahal, volume untuk affordable dua juta unit sekarang pasar Indonesia saja baru 1 jutaan, berarti lebih murah impor daripada bikin," terang Amel.

New Daihatsu SigraNew Daihatsu Sigra Foto: Ari Saputra


Kendati demikian, Amel sendiri bercita-cita untuk memaksimalkan kandungan dalam negeri pada mobil ini. Tentunya hal tersebut baru memungkinkan terjadi apabila pasar mobil Indonesia mencapai 3 juta unit setiap tahun.

"Nanti kalau pasar tumbuh baru kita bikin, mau tergantung pasarnya tumbuh. kalau pasar Indonesia 3 juta pasti kita bikin," tukasnya.

Simak Video "Melihat Tampang Anyar Daihatsu Sigra"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com