Senin, 16 Sep 2019 11:36 WIB

Toyota: Di Riau, Avanza Tetap Nomor 1

Akfa Nasrulhak - detikOto
Foto: Akfa Nasrulhak Foto: Akfa Nasrulhak
Jakarta - Semester pertama di tahun 2019 pasar otomotif sempat mengalami penurunan di Indonesia, termasuk di Provinsi Riau. Hal ini juga dirasakan Toyota, namun pangsa pasar mereka masih berada di level tertinggi.

Area Coordinator Sumatera Bagian Barat PT Toyota Astra Motor (TAM), Addin Anggalih mengatakan mobil sejuta umat masih memimpin pangsa pasar di Riau. Meski gairah otomotif sempat turun, Toyota selalu menjadi pilihan terbaik sebagian besar masyarakat Riau.


"Secara market total Riau sih turun penjualannya, tapi market share kami justru meningkat dibanding tahun lalu. Dari tahun lalu kita hanya sekitar 28 persen, tahun ini bisa 32 persen. Jadi Toyota masih sangat diterima dengan baik masyarakat Riau," ujar Addin, saat ditemui detikcom dalam Festival Avanza-Veloz Sebangsa di SKA Mall Pekanbaru, Minggu (15/9/2019).

Menurut Addin, selain didominasi oleh Avanza, konsumen di Riau juga animonya cukup tinggi untuk segmen model Toyota lainnya.

"Di Riau Avanza sekarang nomor 1, tetap nomor 1. Jadi, terima kasih kepada pelanggan Avanza, di Riau terutama sudah support kami. Dan kami juga melihat animonya cukup besar juga ke segmen besar lainnya, ada Rush, Agya sama Calya juga. Calya yang sebentar lagi ada improvement juga, tunggu saja model barunya," ujar Addin.

Addin menambahkan, beberapa model Toyota seperti Avanza, Calya hingga Rush secara khusus pun masih memimpin pangsa pasar di Riau. Bahkan, pangsa pasar Riau lebih tinggi dari pangsa pasar skala nasional, sehingga Riau termasuk kontributor pangsa pasar yang positif.

"Market share 34,80 persen, kita nomor 1. Yang lainnya juga rata-rata kita nomor 1, Calya nomor 1, Rush juga nomor 1. Kalau Toyota secara keseluruhan market share di Riau ini 32,3 persen. Kalau secara nasional, Toyota itu rata-rata market sharenya 31 persen, Riau kontributor positif secara nasional," ujarnya.

Kalau secara market Riau, lanjut Addin, Toyota memiliki kinerja penjualan top kedua terbesar di Pulau Sumatera sepanjang 2018 sampai 2019. Sementara penjualannya di Riau dalam sebulan rata-rata 800 unit semua tipe.

"Ke depan kita pengin menjaga costumer Riau terutama untuk tetap merasa bahwa Avanza user itu diapresiasi dengan baik oleh dealer Toyota. Kita juga bisa memperkuat komunitas di sini supaya Avanza tetap eksis," ujarnya.


Sebagai informasi, Avanza-Veloz Sebangsa yang digelar di Pekanbaru selama dua hari pada 14-15 September 2019 ini merupakan bentuk apresiasi Toyota kepada masyarakat, khususnya pelanggan setia. Berbagai program disajikan seperti Sebangsa Festival, Fun Trip, Lomba K-Pop Dance, lomba Komunitas Avanza Riau hingga Lomba foto di Instagram.

Pada tahun ini TAM menggelar acara ini di 11 kota besar Indonesia. Kemeriahan akan terus berlanjut pada kota-kota yang dipilih menjadi tuan rumah Sebangsa. Selain di Pekanbaru (Riau) Avanza-Veloz Sebangsa juga digelar di (Sumatera Utara), Balikpapan (Kalimantan Timur), Surabaya (Jawa Timur), Palembang (Sumatera Selatan), Semarang (Jawa Tengah), Manado (Sulawesi Utara), Makasar (Sulawesi Selatan), Bali, Bandung (Jawa Barat), dan Jakarta. Road show ini diselenggarakan sepanjang empat bulan, mulai Agustus hingga November 2019.

Simak Video "Citra Scholastika Menghibur Warga Balikpapan di Acara Avanza-Veloz Sebangsa"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com