Minggu, 15 Sep 2019 17:53 WIB

Sering Touring dari Riau ke Aceh dan Yogya, Ini Kata Pengguna Avanza

Akfa Nasrulhak - detikOto
Foto: Akfa Nasrulhak Foto: Akfa Nasrulhak
Jakarta -

Keandalan mobil berusia lebih dari 1 dekade, Toyota Avanza, dibuktikan melalui touring jarak jauh oleh komunitas pengguna Toyota Avanza. Hal ini dilakukan salah satunya oleh warga Pekanbaru, Tanwin Basri Nasution. Meski sudah berusia di atas 60 tahun, Tanwin mengendarai Avanza sendiri sangat nyaman. Bahkan, beberapa kali ia berkeliling Indonesia, mulai dari Aceh hingga Yogyakarta.

"Saya pernah bawa mobil ini ke Jawa, kalau daerah Sumatera ini, ke Aceh lah yang terjauh pulang kampung. Itu bolak-balik ke Aceh paling tidak setahun itu 3 kali pulang kampung. Ke kampung saya tuh jalannya jelek, beberapa kilo gitu ya sekitar 1 jam jalannya jelek tuh," ujar Tanwin saat ditemui detikcom di acara Avanza-Veloz Sebangsa di SKA Mall Pekanbaru, Sabtu (14/9/2019).

Meski jalanan yang rusak dalam beberapa ruas, Tanwin mengakui menggunakan Avanza tetap nyaman. Meskipun terkendala ban yang bocor saat melewati jalanan rusak namun menurutnya itu wajar.

"Nyaman sekali, ya memang juga karena saya servisnya selalu di bengkel resmi Toyota. Jadi menjaga supaya tetap nyaman itu servis harus di tempat resmi. Walaupun dia mahal tapi kita enak pakainya, nggak pernah kecewa. Cuman yang masalah itu, biasalah hanya karena ban itu kan di bawah, jadi beberapa kali bocor. Ya paling itu aja, yang lainnya nggak ada," ujarnya.

Tanwin pun berbagi pengalamannya berkendara jarak jauh hingga ratusan kilometer di usia senja. Selain membawa kendaraan yang mumpuni diajak touring, juga perlu menjaga kondisi badan agar tetap bugar berkendara.

"Pengalamannya ya karena kita itu santai, jadi sudah menjelang malam, sekitar jam 19.00, cari hotel, nggak jalan terus. Kita dari Pekanbaru ini ke Jambi, istirahat. Terus disambung ke Palembang, istirahat lagi, baru ke Jakarta. Beberapa malam di Jakarta, lalu ke Yogya," ujarnya.

"Saya sih menjaga kondisi kalau sudah menjelang malam hari, kita tidak jalan malam karena pertama bisa bahaya dan sebagainya. Makanya kita menginap di hotel dan tidur yang mantap, insyaallah tak ada halangan apa-apa," tambahnya.

Selain itu, di tengah perjalanan saat siang hari pun, Tanwin selalu beristirahat secara rutin. Patokan Tanwin untuk beristirahat adalah saat waktu salat, dan sekitar 1 jam untuk merebahkan badan.

"Di perjalanan pun saya rutin istirahat biasanya saat waktu salat sama makan. Sejam kemudian berangkat, ya kita-kira 1 jam istirahatnya," ujarnya.





Simak Video "K-Pop hingga PUBG Ramaikan Festival Sebangsa di Manado"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com