BMW i3 dan i8 Ditarik karena Modul Listrik Bermasalah

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 14 Sep 2019 11:52 WIB
BMW i3 Foto: BMW
Washington - Sejumlah mobil BMW i3 dan i8 model tahun 2019 harus ditarik dari pemiliknya karena ada masalah pada control modulnya. Penarikan ini diumumkan oleh National Highway Traffic Safety Administtration (NHTSA) atau Badan Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Raya Amerika Serikat.

Lembaga tersebut mengatakan bahwa kerusakan itu dapat mengakibatkan meningkat resistansi di dalam Electric Motor Electronics (EME). Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya pemutusan daya ke sistem kendaraan sehingga mobil jadi loyo.



CNET menggarisbawahi bahwa masalah ini hanya terjadi pada BMW i3 dan i8 yang menggunakan sistem voltase tinggi. Sementara itu yang menggunakan sistem 12 volt tetap dapat berfungsi dengan baik dan dipastikan pengemudi masih dapat menggunakan rem dan kemudinya.

BMW masih bekerja mencari solusi masalah ini dan untuk saat ini kendaraan yang terlibat dalam penarikan ini akan mendapatkan penggantian komponen terkait. Segala biaya perbaikan dan penggantian terhadap masalah ini tidak memungut biaya konsumen.



Penarikan ini dimulai pada bulan lalu dan berdampak pada mobil yang diproduksi di rentang bulan Desember 2018 sampai Maret 2019. Pemilik mobil yang terkena dampak ini akan mendapatkan pemberitahuan melalui surat elektronik.

Untuk i3 sendiri ini bukan penarikan pertama yang dialaminya. Pada awal tahun 2017 setidaknya 19.000 unit di Amerika Serikat ditarik setelah ditemukannya asap hasil pembuangan pembakaran internalnya mengenai kabel baterai listrik dan dapat menyebabkan kebocoran.

Di Indonesia sendiri kedua mobil ini telah dipasarkan oleh BMW Indonesia. Belum ada informasi pula apakah mobil yang masuk ke Indonesia ini juga mengalami masalah serupa.

Simak Video "Intip Kemewahan 2 Varian Terbaru BMW Seri 5"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)