Jumat, 13 Sep 2019 13:37 WIB

Berkat Google Maps, Mobil Hilang Puluhan Tahun Bisa Ketemu Lagi

Dina Rayanti - detikOto
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Wellington - Aplikasi Google Maps rupanya tak hanya membantu untuk mencari alamat saja. Bahkan berkat Google Maps, mobil yang hilang bersama pemiliknya bisa ditemukan. Bagaimana ceritanya?

Diberitakan BBC, Jumat (13/9/2019) pihak kepolisian di Wellington baru-baru ini mendapat laporan ada sebuah mobil tenggelam ditemukan di daerah Moon Bay Circle yang bermula dari pencarian di Google. Karena masih penasaran, ia bahkan menggunakan drone untuk melihat dari atas apa benar ada mobil tenggelam di sekitar rumahnya.



Saat melihatnya dengan jelas dari atas, warga tersebut melapornya ke pihak kepolisian untuk kemudian diselidiki. Setelah ditelusuri, dan mobil diangkut ke permukaan ternyata di dalamnya juga ada tulang-belulang manusia.

detikers bisa lihat mobil yang tenggelam di danau?detikers bisa lihat mobil yang tenggelam di danau? Foto: Google Maps


Polisi kemudian mengidentifikasi penemuan mobil dan tulang tersebut. Tulang-tulang tersebut kemudian teridentifikasi atas nama milik William Moldt yang dilaporkan hilang pada 7 November 1997. Sebelum penemuan ini, 22 tahun lalu pihak kepolisian setempat sudah melakukan investigasi kala itu namun tak berlanjut.

Sebuah laporan dari Charley Project menyebut sebenarnya penampakan mobil tenggelam di daerah tersebut sudah terekam dalam satelit Google Earth sejak 2007 namun tidak ada yang menyadari hingga 2019.

Moldt dilaporkan tak kembali ke rumah usai pulang dari klub malam. Moldt yang pendiam dan jarang bergaul tidak tampak mabuk dan ditinggal sendiri di kendaraannya, saat terakhir terlihat.



"Dia jarang minum tetapi memang saat itu minum di bar," kata laporan itu.

Moldt diketahui terakhir menelepon pacarnya sekitar pukul 21:30, memberitahunya bahwa dia akan segera pulang, tetapi setelah itu tidak pernah terlihat lagi. Sejak saat itu pihak keluarga tak lagi mendapat kabar dari Moldt. Kini keluarga akhirnya mengetahui kabar sebenarnya.





Simak Video "Anies Imbau Pengguna Sepeda Pakai Google Maps"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com