Jumat, 13 Sep 2019 12:17 WIB

Fitur Unggulan Corolla Altis Hybrid, Bisa Cegah Microsleep

Ridwan Arifin - detikOto
All New Corolla Altis Hybrid Foto: Toyota All New Corolla Altis Hybrid Foto: Toyota
Jakarta - All New Corolla Altis Hybrid menjadi varian tertinggi dari mobil sedan legendaris yang diluncurkan Toyota. Sejumlah pembaruan di sektor eksterior dan interior pun dilakukan di model G dan V, namun khusus hybrid ada fitur yang dinamakan Toyota Safety Sense.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra-Motor Anton Jimmi menjelaskan TSS merupakan platform baru untuk fitur keselamatan berkendara dengan level tertinggi. Di antaranya Pre Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), serta Automatic High Beam (AHB).



"Kehadiran mobil dengan fitur-fitur keselamatan TSS yang lengkap dan canggih ini makin menegaskan komitmen Toyota yang tidak hanya sekedar menekankan kenyamanan berkendara namun senantiasa serius memperhatikan faktor keselamatan pengemudi dan penumpangnya pada setiap mobil baru yang diluncurkan ke pasar," kata Anton Jimmi.

All New Corolla Altis hybridAll New Corolla Altis hybrid Foto: Ridwan Arifin/detikOto


Lalu seperti apakah fitur-fitur yang disebutkan di atas?

Pertama Pre Collision System. Merupakan sensor radar dan kamera untuk mendeteksi keberadaan mobil di depan.

"Jika sistem melihat adanya kemungkinan tabrakan, PCS akan memperingatkan pengemudi. Bahkan di saat genting sehingga tabrakan tidak mungkin dielakkan. Sistem akan melakukan pengereman secara otomatis," urai Anton.



Kedua, Dynamic Radar Cruise Control. Sistem ini dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman. Dengan memanfaatkan kamera di depan. Aktif di kecepatan > 50 Km/jam.

"DRCC dapat memperhitungkan dimensi kendaraan, di depan termasuk marka jalan," kata Anton.

Bila ada mobil lain masuk ke jalur di depan secara tiba-tiba, maka sistem secara otomatis akan mengurangi kecepatan atau bahkan melakukan pengereman jika dirasa jaraknya sudah tidak aman.

All New Corolla AltisAll New Corolla Altis Foto: Ridwan Arifin/detikOto


Ketiga, Lane Departure Alert With Steering. Dalam paparannya Anton mengatakan fitur ini dapat mengantisipasi potensi kecelakaan akibat microsleep atau tertidur pulas tiba-tiba hanya dalam waktu sekian detik.

"Memberikan peringatan jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya. LDA akan mengoreksi posisi kemudi ke posisi normal," kata Anton.



Terakhir atau yang keempat, Automatic High Beam. Fitur ini akan mendeteksi apakah ada mobil di depan atau dari arah berlawanan ketika berjalan di malam hari yang gelap. Mobil akan menyalakan lampu jauh atau high beam untuk meningkatkan jarak dan daya pandang pengemudi.

Ia mengatakan fitur-fitur tersebut tidak bisa dipasang ke model Corolla G dan V. Kata Anton, hal ini dilakukan agar ditur antara mobil bensin dan hybrid tidak terlalu mirip.

"Dan ini pertama kalinya diluncurkan di Indonesia, dan kami ingin tahu animo di pasar seperti apa," terang Anton.

Simak Video "Sekeren Apa All New Corolla Altis?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com