Jumat, 13 Sep 2019 09:40 WIB

Esemka Tak Ada Kerja Sama Khusus dengan China

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Esemka dan mobil China yang disebut mirip. Foto: dok detikcom Esemka dan mobil China yang disebut mirip. Foto: dok detikcom
Makassar - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan mobil Esemka tidak memiliki perjanjian khusus dengan produsen asal China, meski mobil sekilas mirip mobil China.

Mobil Esemka. Mobil Esemka. Foto: Ragil Ajiyanto


"Sepengetahuan saya sih nggak ada (kerja sama khusus). Dia impornya part by part, kalau kerja sama kan ada penjualan, jadi saya pikir itu wajar-wajar kan itu kita kan global," ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Harjanto saat bertemu dengan wartawan di Makassar, Selasa (10/9/2019) malam lalu.

Changan Star yang diklaim mirip Esemka. Changan Star yang diklaim mirip Esemka. Foto: dok. Changan star




Harjanto mengatakan komponen yang masih diimpor antara lain transmisi dan axle. Sementara untuk proses stamping atau pencetakan bodi dan sebagainya Esemka menggunakan jasa pihak ketiga.

"Mereka pakai Astra Otoparts dan lain-lain jadi vendor mereka, sehingga nanti dalam proses melibatkan banyak vendor, ada lapangan kerja di vendor, sehingga bisa menghasilkan produk yang isiannya lokal. Mungkin di awal belum maksimal," ujarnya.



"Saya AMMDes (Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) waktu pertama kali juga enginenya masih lokal kita ambil dari India dulu, tapi nggak apa-apa sekarang maju, sekarang ada 11 tipe, termasuk ambulans feeder sudah dilihat di pedesaaan untuk menjadi bagian dari menjemput ibu hamil, makanya ada program Jamilah di Kemenkes. Kita ada potensi juga untuk ekspor. Kalau kita buat pabrik engine butuh investasi yang besar, kalau skala ekonominya sudah masuk tentu investasi akan datang," tambahnya.

Simak Video "Bima, Mobil Pertama Esemka Diluncurkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com