Selasa, 10 Sep 2019 08:17 WIB

Jakarta Sambut Kendaraan Listrik, Gimana Pulau Sumatera?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Palembang - Belakangan ini DKI Jakarta sibuk mengampanyekan kendaraan listrik. Setelah Perpres No 55 Tahun 2019 keluar, instansi pusat seperti Kemenhub maupun BPPT menggelar beberapa seminar soal kendaraan listrik dan dipungkasi pameran Indonesia Electric Motor Show 2019.

Jika di Pulau Jawa terjadi hingar bingar menyambut era kendaraan listrik, lantas bagaimana dengan Sumatera? Pantauan detikcom di Sumatera Selatan, khususnya Palembang, belum ada euforia menyambut kendaraan listrik.

Dikatakan Branch Manager Auto2000 Tajung Api-api Herry Deswanto, masih butuh waktu bagi kendaraan listrik untuk diterima di Palembang, maupun Pulau Sumatera.



"Kendaraan listrik saat ini memang lagi hits beritanya (di Pulau Jawa-Red). Tapi mungkin masih perlu waktu di Sumatera, sebab juga perlu dipikirkan aftersalesnya dulu," kata Herry kepada detikcom, belum lama ini.

Menurut Herry, untuk saat ini konsumen di Palembang lebih memilih mobil bermesin konvensional. Sebab lebih bisa menjadi andalan. "Karena mobil ini bisa dibawa ke pelosok-pelosok kampung, masih berani," lanjutnya.

Meski lebih condong ke kendaraan konvensional, bukan berarti mobil listrik belum dijual di Pulau Sumatera. Mobil listrik jenis hybrid ternyata juga sudah dijual di Palembang. Bahkan sudah ada pembelinya.



"Kami sudah jual C-HR. Auto2000 Tanjung Api-api bulan lalu jual 2 unit," terangnya.

Kendaraan elektrifikasi seperti Toyota C-HR Hybrid memang menjadi pilihan rasional bagi warga Palembang atau Pulau Sumatera yang ingin mendapat benefit kendaraan listrik. Sebab mobil hybrid tidak memerlukan stasiun pengisian listrik.

"Alasan konsumen membeli C-HR Hybrid karena teknologi, karena cari mobil hybrid yang Rp 500 juta itu jarang. Apalagi mobil hybrid itu suara mesinnya sangat halus. Dan nggak perlu colokan listrik untuk ngecas," ujarnya.

Simak Video "Grab Masih Pertimbangkan Mitranya Gunakan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com