Senin, 09 Sep 2019 19:05 WIB

Murahnya Pakai Mobil Listrik, Modal Rp 60 Ribu Bisa untuk Seminggu

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Nissan LEAF Foto: Nissan Nissan LEAF Foto: Nissan
Karawang - Mobil listrik disebut merupakan salah satu solusi untuk menawarkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Tak cuma ramah lingkungan, penggunaan kendaraan listrik juga ramah kantong.

Senior Manager Research and Development PT Nissan Motor Indonesia, Jauhari Adzannis, mengatakan penggunaan kendaraan listrik cukup murah. Untuk seminggu mobil listrik cuma perlu Rp 60.000. Berbeda dengan mobil bensin yang biaya operasionalnya lebih mahal.

Jauhari dan timnya telah melakukan perhitungan biaya operasional mobil listrik. Menurutnya, per kilometer mobil listrik Nissan LEAF cuma menghabiskan biaya Rp 170.



"Kita sudah melakukan tes itu kira-kira (jarak yang bisa ditempuh Nissan LEAF) di kisaran 280 sampai 300 km sekali ngecas untuk di kondisi normal di Indonesia, termasuk macet-macetan. per kilometer Leaf hanya membutuhkan Rp 170," kata Jauhari di sela-sela media test drive Nissan Leaf di Proving Ground Bridgestone di Karawang, Senin (9/9/2019).

Sementara menurut perhitungan Jauhari, mobil bermesin bensin biaya operasionalnya lebih mahal lagi. Untuk mobil LCGC yang syarat konsumsi bahan bakarnya 20 km/liter saja membutuhkan biaya Rp 400/km.

"Kalau mobil 2.000 cc itu per kilometernya Rp 600. Ini LEAF per kilometer cuma Rp 170," sebut Jauhari.

Biaya operasional Nissan LEAF itu dihitung berdasarkan tarif dasar listrik (TDL) sebesar Rp 1.470-an per kWh. Mobil listrik Nissan LEAF membutuhkan 40 kWh. Jadi, untuk mengisi daya baterai sampai penuh, Nissan LEAF hanya perlu Rp 58.800. Sementara perbandingan mobil bensin, Jauhari menggunakan patokan harga bensin RON 92.

"Bandingkan aja dengan mengisi bensin Rp 60 ribu, cukup berapa hari itu? Sementara Nissan LEAF isi Rp 60.000 udah bisa jalan 280 km, kalau sehari cuma menempuh 30 km, ini cukup sampai seminggu," kata Jauhari.

Simak Video "Sensasi Menyusuri Kota Madrid dengan Nissan LEAF"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com