Senin, 09 Sep 2019 09:20 WIB

Berkat Tol, Palembang-Jakarta Berangkat Subuh Sampainya Siang

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Palembang - Beroperasinya ruas tol baru di Pulau Sumatera langsung berdampak kepada waktu tempuh perjalanan yang makin singkat. Hal ini pula yang dialami oleh Yanda Destara saat mencoba ruas tol Kayu Agung-Bakauheni yang memiliki ruas sepanjang 365 km.

"Sudah ngerasain tol baru, kalau lewat jalan tol itu sudah pasti lebih enak ya. Lebih cepat sampai, nyaman, jalan mulus nggak ada kendala," ujar Yanda, ditemui detikcom di festival Toyota Avanza-Veloz Sebangsa di Palembang, Sabtu (7/9/2019).



Yanda mengatakan perjalanan Palembang ke Bakauheni, Lampung, kini bisa ditempuh beberapa jam lebih cepat ketimbang saat lewat jalan raya biasa.

"Bisa memangkas banyak waktu, sekitar 6 sampai 8 jam. Biasanya kita Palembang-Lampung sekitar 10 sampai 12 jam, sekarang paling hanya 4 jam-an," lanjut pria yang pakai tunggangan Avanza-Veloz lansiran 2013 ini.

Tidak hanya berefek ke perjalanan antarkota maupun antarprovinsi, Yanda juga mengatakan ruas tol baru tersebut bisa mempercepat perjalanan antarpulau.



"Contoh lain, kalau kita mau ke Pulau Jawa dari Palembang ya. Dulunya itu berangkat pagi, mungkin bisa nyampai Jakarta jam 10 malam. Tapi kalau sekarang sudah ada tol, berangkat pagi habis shubuh, makan siang juga sudah sampai di Jakarta," cerita bapak dua anak itu.

Namun Yanda mengatakan jalan tol bukan satu-satunya opsi. Jika pengendara tidak sedang buru-buru dikejar waktu, Yanda menyarankan untuk lewat jalur biasa saja.

"Karena kalau kita ingin ngejar lihat pemandangan di Sumatera agak kurang pas kalau lewat tol," ujarnya.


Berkat Tol, Palembang-Jakarta Berangkat Subuh Sampainya Siang


Simak Video "Hutama Karya Dapat Rp 3,5 Triliun dari Pemerintah, Untuk Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com