Minggu, 08 Sep 2019 10:44 WIB

Biar Lebih Kompetitif, DFSK Bikin Mobil Listrik di RI?

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Geliat mobil China di Indonesia hadir dengan menawarkan harga yang lebih kompetitif dengan fitur lebih royal. Memasuki era kendaraan listrik, akankah membuat gebrakan yang sama dilakukan dengan produksi mobil bensin?

DFSK misalnya saat ini tengah memamerkan Glory E3 sebagai unit kendaraan listrik BEV (Baterry Electric Vehicles). Kendati Presiden Jokowi sudah menandatangani payung hukum, ternyata perusahaan yang memiliki pabrik di Cikande, Serang ini masih menahan untuk jual kendaraan listrik.


"Pastinya kita ikuti ketentuan dari pemerintah. Di bab Perpres itu ada yang atur akan beri insentif pada pelaku, pengembang, studi," kata Head of Product Planning PT Sokonindo Automobile Ricky Humisar saat ditemui di Balai Kartini, Jakarta.

Bukan tidak mungkin DFSK akan kembali merakit produk mobil listrik di Tanah Air sembari menanti peraturan turunan, seperti Peraturan Menteri.



"Ada juga kemudahan bagi para pelaku industri untuk TKDN-nya. Tapi nanti akan diatur Kemenperin," kata Ricky.

"Kemudian ada insentif kalau tahun pertama masih bisa CBU. Tapi dengan catatan bangun fasilitas di sini, kami kan sudah punya itu dengan standar industri 4.0. Artinya tinggal akomodir saja bagaimana proses produksinya baik ICE maupun EV," jelas Ricky.

Sementara ditanya soal kesiapan kendaraan listrik di Indonesia, Ricky mengaku akan mempersiapkan segala sesuatunya. Apalagi pabrikan asal Tiongkok ini sudah memajang model mobil listriknya Glory E3 sejak ajang GIIAS 2019 bulan lalu.

"Kami pun sebenarnya kalau boleh lebih cepat lebih bagus. Karena kan sebenarnya seiring program pemerintah berjalan kami sudah siap. Kami pun inginnya pemerintah sudah oke, regulasi semua sudah ada, lalu go," kata Ricky.

Simak Video "Ngulik DFSK Glory E3, Mobil Masa Depan Untuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com