Minggu, 08 Sep 2019 07:18 WIB

12 Tahun Penantian, Esemka Akhirnya Lahir Juga

Dina Rayanti - detikOto
1
Halaman 1 dari 3
Foto: Istimewa/Setpres Foto: Istimewa/Setpres
Jakarta - Nama mobil Esemka sudah menggaung sejak tahun 2007. Perjalanan Esemka di Indonesia pun berliku-liku. Butuh penantian panjang hingga akhirnya mobil Esemka bisa benar-benar lahir dan diproduksi secara massal.

Sekadar mengingatkan, gagasan Esemka muncul pertama kali lewat pria bernama Sukiyat. Sukiyat awalnya berkeinginan untuk memberikan ilmu yang dimilikinya kepada anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Namun di satu sisi, ia juga memiliki cita-cita untuk melahirkan mobil nasional yang seutuhnya dikerjakan anak bangsa.


"Tahun 2007 saya buat Esemka. Saya awalnya terinspirasi dari Pick-up Colt. Nah terus dulu jadi salah satu ketua komite di sebuah SMK yang mau bangkrut. Akhirnya kita tambahi jurusan otomotif.

Dari situ mulai transfer ilmu dan membuat Esemka yang sempat jadi besar, itu sudah saya rencanakan lama (buat Esemka)," cerita Sukiyat beberapa waktu lalu saat berbincang dengan detikcom.

Saat itu, mobil Esemka garapan Sukiyat dan anak-anak SMK belum dilirik masyarakat Indonesia. Hingga akhirnya Wali Kota Solo yang saat itu dijabat oleh Joko Widodo memilih mobil Esemka Rajawali untuk digunakan sebagai kendaraan dinasnya. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com