Jumat, 06 Sep 2019 13:43 WIB

Jokowi Beri Jempol Esemka yang Berani Rilis Mobil

Andhika Prasetia - detikOto
Jokowi dan manajemen Esemka. Tampak penggagas Esemka Sukiat (paling kanan) hadir di acara peluncuran Foto: Peluncuran mobil Esemka (Andhika/detikcom) Jokowi dan manajemen Esemka. Tampak penggagas Esemka Sukiat (paling kanan) hadir di acara peluncuran Foto: Peluncuran mobil Esemka (Andhika/detikcom)
Boyolali - Setelah lebih dari 10 tahun, mobil Esemka akhirnya meluncur. Presiden Joko Widodo memberikan acungan jempol atas keberanian Esemka merilis mobil.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau pabrik mobil Esemka yang terletak di Jl Raya Demangan Km 3,5 Sambi-Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Jokowi memuji Esemka meskipun dia tahu kandungan lokal mobilnya belum sampai 100 persen. "Artinya local content-nya sudah baik. Meskipun saya tahu pasti belum sampai angka 80 apalagi 100%. Tapi sebagai sebuah usaha pertama dalam memulai industri otomotif dengan brand dan prinsipal Indonesia, ini kita harus acungi jempol keberanian PT Solo Manufaktur Kreasi ini," ujar Jokowi.

Saat Jokowi memasuki PT Solo Manufaktur Kreasi, tampak para pekerja pabrik Esemka sedang merakit mobil Esemka. Mobil yang dirakit adalah jenis pikap.

Melihat Produksi Mobil Esemka yang Disaksikan JokowiFoto: Para pekerja tengah merakit mobil Esemka (Andhika-detikcom).

Suasana dalam pabrik tampak lengang. Para pekerja lokal mengenakan pakaian standar keselamatan kerja. Masih di pabrik Esemka, terlihat juga deretan mobil pikap yang siap mengaspal. Mobil-mobil tersebut dinamai Bima dan dijual seharga Rp 95 juta off the road.

Melihat Produksi Mobil Esemka yang Disaksikan JokowiFoto: Proses perakitan mobil Esemka (Andhika-detikcom).

Mobil ini sempat identik dengan Jokowi karena pernah ia pakai saat menjabat sebagai Wali Kota Solo. Jokowi memuji inovasi Esemka.




Simak Video "Jokowi-Prabowo Kompak Jalin Kemesraan"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com