Kamis, 05 Sep 2019 15:48 WIB

Mobil Tua Disulap Jadi Mobil Listrik, Ongkosnya Kurang dari Rp 100 Juta

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Tak hanya memamerkan VW Beetle listrik, Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) juga memajang satu lagi mobil antik yang diubah mesinnya menjadi tenaga listrik, di ajang Indonesia Electric Motor Show 2019.

Mobil yang dimaksud adalah Citroen Mehari. Mobil ini dimiliki oleh Marius Pratiknjo, anggota PPMKI yang juga memiliki komitmen untuk mengaplikasi teknologi ramah lingkungan di mobil kuno.




"Awalnya mesin 600 cc 2 silinder, sangat-sangat mudah dimodifikasi. Dia memang menang di bobot yang ringan tidak sampai 1 ton, di bagian suspensi juga," kata Marius, saat ditemui detikcom, di Balai Kartini, Jakarta.

Bicara spek teknis, Citroen Mehari versi listrik ini mengusung dinamo DC berdaya 5 kWh dengan 72 volt. "Kalau baterainya pakai lithium dengan 120 ampere, 60 cell," ungkap Marius.

Soal daya tempuh, Marius mengklaim mobil ini menempuh jarak sampai 100 km sampai baterainya habis. "Untuk mengecas dari 0 sampai butuh 5 jam. Dan bisa pakai colokan listrik rumah tangga dengan daya sekitar 2.000 watt," ujar Marius.

Untuk biayanya sendiri, Marius berkata butuh ongkos di bawah Rp 100 juta untuk merampungkan proyek modifikasi mobil ini. "Prosesnya sekitar dua bulan. Tapi saat itu, saya cicil pembuatannya," terang Marius.

Karena ubahan sudah melibatkan penggantian mesin, maka mobil ini tidak bisa digunakan di jalan raya. Sebab harus dilakukan uji tipe kembali supaya mobil ini bisa mendapat legalitas di jalan raya.

"Maka itu, saya pakai mobil ini hanya saat keliling di jalan perdesaan di Yogyakarta," terang Marius.

Simak Video "Mobil Listrik Anak Bangsa, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com