Kamis, 05 Sep 2019 07:45 WIB

Tanpa Bensin, Cara Merawat Tesla Mirip HP Android

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Pradita Utama
Jakarta - Dibanding mobil mesin konvensional, mobil listrik punya komponen penggerak yang lebih sedikit. Hal itu pula yang akhirnya membuat mudah perawatan mobil listrik, termasuk pada Tesla Model 3.

Dikatakan Presiden Direktur Prestige Motorcars Rudy Salim, perawatan Tesla Model 3 mirip seperti ponsel masa kini.


"Jadi 90 persen servis mobil ini OTA (Over The Air). Kalau ada kerusakan, kita menggunakan komputer, lewat internet kita betulin," kata Rudy, di Jakarta, belum lama ini.

Rudy menambahkan, cara merawat Tesla model 3 seperti proses update software di handphone. "Misalnya kalau di hape setiap bulan keluar (notifikasi) new update, install now atau later. Nanti ada tulisan seperti itu (di Tesla-Red)," terangnya lagi.

Foto: Pradita Utama


Wah, kalau begitu di perangkat lunak mobil tersebut harus terkoneksi dengan internet dong?

"Ya mobil itu sudah kita pasangin sim card Indonesia, jadi supaya ada sinyalnya," lanjut Rudy.


Sama seperti mobil listrik pada umumnya, Tesla Model 3 juga tidak memerlukan perawatan rutin untuk ganti oli mesin maupun busi, seperti di mobil pembakaran dalam.

Foto: Luthfi Anshori


"Kalau hardware itu jarang sekali rusak. Dan untuk perawatannya dilakukan secara remote. Jadi setiap mobil Tesla itu ada sensor. Kalau ada kerusakan, sensor itu langsung ngasih tau ke diagnostic tools yang kita punya. Kita telpon yang punya, 'Pak ada kerusakan di suspensi depan', misalnya seperti itu. Baru setelah itu mobil dibawa ke bengkel kami untuk diperbaiki," jelas Rudy.

Simak Video "Mobil Listrik Anak Bangsa, Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com