Rabu, 04 Sep 2019 18:46 WIB

VW Kodok Diubah Jadi Mobil Listrik, Biayanya Rp 1 M!

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Ada yang menarik perhatian di pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, di mana ada satu unit VW Beetle yang ternyata sudah mengadopsi motor listrik. Sebelumnya, mobil buatan Jerman itu memakai mesin pembakaran dalam atau ICE (Internal Combustion Engine).

"Jadi kami memang mendorong himbauan dari pemerintah yang pertama mengenai tingkat polusi di Jakarta kan sudah tinggi, salah satu solusinya ini," kata pemilik VW Bettle listrik Rudi Susanto Rahardjo, di arena IEMS 2019, Balai Kartini, Jakarta, Selasa (4/9/2019).

Secara spek, VW Beetle yang dipakai buat bahan eksperimen ini, adalah VW Beetle buatan tahun 1973. "Baterainya lithium ion yang punya daya 40 kWh," terang Rudi.



Bicara proses modifikasi, Rudi berkata hanya perlu adaptor untuk menyambung motor ke girboksnya. "Mobil ini sudah kami coba, dan mampu menempuh jarak 150 km," katanya lagi.

VW Kodok bertenaga listrikVW Kodok bertenaga listrik Foto: Grandyos Zafna


Untuk lama pengecasan, disebut-sebut perlu waktu 4 sampai 5 jam, dengan spek listrik rumah tangga berdaya 4.000 watt. Bicara ongkos modifikasi, Rudi menyebut angka cukup besar untuk mengganti ke part-part kendaraan listrik. Salah satu part yang harganya masih tinggi yakni baterai.

Mesin VW diganti jadi motor dan baterai listrikMesin VW diganti jadi motor dan baterai listrik Foto: Grandyos Zafna


"Untuk mengubah ke mesin listrik, kisaran biayanya antara setengah sampai Rp 1 miliar," ujar Rudi.

Simak Video "Melihat Tempat Ngecas Mobil Listrik di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com