Selasa, 03 Sep 2019 10:48 WIB

Awas! Mobil Dimodifikasi Rentan Terbakar

Rizki Pratama - detikOto
Mobil terbakar. Foto: Dian Firmansyah Mobil terbakar. Foto: Dian Firmansyah
Jakarta - Kecelakaan beruntun di ruas Tol Cipularang KM 91 berujung dengan munculnya api dari kendaraan. Kebakaran yang terjadi saat kecelakaan sebenarnya tidak akan terjadi jika tidak ada keteledoran tangan manusia.

Kebakaran pada kendaraan memang disulut oleh bahan bakar yang diangkut tapi dari mana sumber apinya? Sumber api kebakaran dari mobil adalah kelistrikan yang menyebabkan korsleting. Biasanya korsleting terjadi karena adanya ubahan pada sistem kelistrikan kendaraan dari standarnya.


"Penyebab kebakaran dengan prosentase terbesar di data kita adalah dari modifikasi kelistrikan mobil," terang Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Patrayudha saat dihubungi detikcom, Senin (2/9/2019).

Setiap pabrikan tentu sudah menerapkan standar masing-masing yang sudah melewati berbagai rangkaian pengujian untuk meminimalisir terjadinya kerusakan. Namun sangat disayangkan ada saja konsumen yang dengan sengaja melakukan ubahan di luar standar keamanan yang didapat saat membeli mobil.

"Bisanya kalau mobil terbakar modifikasi kelistrikan dari luar bengkel resmi atau memang pasang sendiri si ownernya," timpal Technical Head Section PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Imam Suyudi saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Senin (2/9/2019).

Faktor lain yang menyebabkan kebakaran dari kelistrikan adalah jarangnya perawatan atau tidak ditangani oleh tenaga profesional. Seringkali perawatan di kabel dilakukan dengan cara-cara yang dapat berpotensi menimbulkan bahaya di masa depan.


"Sama kedua jarang perawatan. Kalau di kita di bengkel resmi apabila hardness rusak wiring kelistrikan langsung ganti, kalau orang umum tarik kabel dan tambah dari luar. Kalau dari luar kan standarnya nggak ada, suka-suka aja," pungkas Imam.

Simak Video "Ketika Taksi Online Disulap Jadi Ruang Karaoke"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com