Selasa, 27 Agu 2019 17:46 WIB

Suzuki: SUV XL6 Berbeda dengan Ertiga

M Luthfi Andika - detikOto
Suzuki XL6 Foto: Dok. Suzuki Suzuki XL6 Foto: Dok. Suzuki
Cirebon - Suzuki India beberapa waktu lalu merilis mobil Suzuki XL6. Mobil yang disebut-sebut sebagai Ertiga versi crossover atau SUV. Namun Suzuki menekankan kalau XL6 ini berbeda dengan Ertiga. Bukan asal membuat versi crossover dari Ertiga.

Hal tersebut disampaikan Direktur Marketing 4 Roda PT Suzuki Indomobil Sales, Dony Saputra di sela-sela test drive Ertiga di Cirebon, Selasa (27/8/2019).



"Setahu saya SUV di India itu XL6 itu tidak ada embel Ertiga, dan di sana itu (dijual di diler) Nexa atau outlet premium Suzuki. Dan itu berbeda (dengan Ertiga-Red)," ujar Dony.

"Suzuki XL6 itu secara segmented memang berbeda (bukan MPV), yang bisa saya katakan Low SUV itu menarik. Dan kita terus melakukan penelitian MPV butuh apa, SUV itu butuh apa. Ini (Suzuki XL6-red) berbeda, dan ini tidak akan mempresentasikan pengguna MPV," timpal Dony.

Sementara itu dari kalangan internal Suzuki disebutkan, mobil ini rencananya akan masuk ke Indonesia juga, namun dengan nama baru yakni XL7. Kabarnya jika tidak ada halangan, mobil itu akan diproduksi pada tahun 2020 di pabrik Cikarang.

Interior Suzuki XL6Interior Suzuki XL6 Foto: Indianautosblog


"Model barunya kemungkinan sama seperti Maruti, modelnya hampir sama seperti itu. Ya kalau kita XL7," ujar kalangan internal Suzuki itu.

Memang belum jelas SUV Ertiga seperti apa yang bakal ditawarkan di Indonesia. Meski demikian jika memang akan mengusung nama XL7, artinya bakal ada perbedaan yang mencolok pada bagian interiornya. XL7 kalau detikers ingat adalah kode untuk Escudo zaman dulu.

Kalau Suzuki XL6 di India menawarkan tempat duduk captain seat, besar kemungkinan XL7 tidak akan menawarkan captain seat. Dari segi eksterior, XL6 hadir dengan tampang yang lebih maskulin. Mobil ini hadir dengan desain bumper baru, dilengkapi skid plate. Model grille-nya juga besar, dan dipertegas list chrome yang memanjang.

Memperkesan tampilan kokoh, ada sentuhan warna hitam doff yang menyambung dari area foglamp, over fender depan, side skirt, hingga over fender di belakang.

Tidak hanya di luar, kesan sporty juga hadir di dalam kabin XL6 berkat pengaplikasian material serba hitam. Untuk kapasitas penumpangnya hanya bisa memuat 6 orang. Sebab di kursi baris kedua sudah pakai model captain seat.

Melirik area dasbor, XL6 sudah dilengkapi dengan head unit double din yang punya panel layar sentuh digital. Layar ini sudah mendukung layanan Apple CarPlay dan Android Auto. Sementara untuk desain kemudi, tampak sudah mengadopsi model flat bottom steering yang mirip mobil sport.

Suzuki XL6Suzuki XL6 Foto: Indianautosblog


Soal mesin, Suzuki XL6 dilengkapi dapur pacu 1,5 liter yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 104,69 PS dan torsi puncak 138Nm. Mesin ini sudah memiliki teknologi Progressive Smart Hybrid dan punya pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Di India, Suzuki XL6 hadir dengan 4 varian dan enam pilihan warna (Nexa Blue, Auburn Red, Premium Silver, Brave Khaki, Magma Grey and Arctic White). Sementara untuk harganya, varian Zeta MT dibanderol 979.689 rupee atau setara Rp 195.000.000, Alpha MT 1.036.189 rupee atau Rp 206.000.000, varian Zeta AT 1.089.689 atau Rp 217.000.000 dan varian Alpha AT 1.146.189 atau Rp 228.000.000.

Simak Video "Kenalkan Maruti S-Presso, Mobil Mungil Suzuki Seharga Rp 70 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com