Selasa, 27 Agu 2019 11:08 WIB

Avanza Masih Rajanya Low MPV, Xenia di Posisi Buncit

Dina Rayanti - detikOto
Low MPV. Foto: Grandyos Zafna Low MPV. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Mobil Low MPV masih menjadi model yang terlaris di Tanah Air. Itu bisa terlihat dari tak pernah absennya Low MPV dari daftar mobil terlaris se-Indonesia dari tahun ke tahun.

Saat ini ada tujuh pabrikan yang memiliki Low MPV di Indonesia. Ketujuh Low MPV itu adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Nissan Livina, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Wuling Confero. Di segmen tersebut Avanza masih rajanya. Avanza seperti memiliki daya tarik tersendiri untuk masyarakat Indonesia.

Toyota AvanzaToyota Avanza Foto: Rizki Pratama/detikOto



Bisa dibilang dari tahun ke tahun penjualannya masih cukup stabil di tengah serbuan para pendatang baru. Di bulan Juli 2019, misalnya, Avanza masih menjadi mobil yang paling diburu orang Indonesia di antara model Low MPV lainnya.

Mengutip data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Juli Toyota mendistribusikan 7.848 unit Avanza ke seluruh dilernya di Indonesia. Di bawah Avanza, ada sang rival yang baru dua tahun lahir yakni Mitsubishi Xpander.

Mitsubishi XpanderMitsubishi Xpander Foto: Grandyoz Zafna


Xpander selama bulan ketujuh tahun 2019 sudah terdistribusi sebanyak 5.775 unit. Kemudian di tempat ketiga Low MPV terlaris se-Indonesia terdapat Suzuki Ertiga. Distribusi Ertiga pada Juli 2019 mencapai 2.095 unit.


Punya wajah kembar dengan mobil terlaris se-Indonesia nasib Xenia di bulan Juli tak seberuntung Avanza. Distribusi Xenia pada Juli hanya mencapai 676 unit atau tak sampai separuh dari Avanza. Begitu pula dengan Livina. Livina yang tampangnya tak jauh berbeda dari Xpander juga distribusinya hanya mencapai 737 unit.

Daihatsu XeniaDaihatsu Xenia Foto: Ruly Kurniawan


Berikut daftar Low MPV paling laris sepanjang Juli 2019:

1. Toyota Avanza: 7.848 unit
2. Mitsubishi Xpander: 5.775 unit
3. Suzuki Ertiga: 2.095 unit
4. Honda Mobilio: 1.193 unit
5. Wuling Confero: 808 unit
6. Nissan Livina: 737 unit
7. Daihatsu Xenia: 676 unit.

Simak Video "Kahitna Bikin Baper Penonton di Festival Toyota Sebangsa Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com