Sabtu, 24 Agu 2019 10:19 WIB

Selain Bebas Ganjil-Genap, Mobil Listrik Bakal Boleh Parkir Gratis

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Pemerintah terus mendorong perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. Selain pemberian insentif fiskal berupa keringanan pajak barang mewah dan bea masuk, juga akan diberi insentif lain berupa parkir gratis di lokasi tertentu.

"Sebagaimana dalam semangat peraturan presiden nomor 55 tahun 2019, ada insentif yang harus diberikan kepada kendaraan bermotor listrik ini," kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, di Jakarta.



Dijelaskan Budi, Kementerian Perhubungan mendapat 'jatah' untuk mengatur tarif parkir mobil listrik di lokasi yang ditentukan pemerintah daerah.

"Ini nanti akan kami dorong nanti ke pemerintah daerah, khusus kepada pengguna ini akan kami dorong nanti kemudian tarif parkir yang sedemikian murah atau kalau perlu tidak diberikan tarif sama sekali," terang Budi.



Lanjut Budi, insentif yang diberikan pemerintah akan benar-benar berpihak kepada masyarakat. Budi mengatakan akan membuat semacam edaran kepada gubernur dan kepada dinas perhubungan agar tidak mengenakan tarif parkir khusus untuk kendaraan bermotor listrik.

"Non fiskal berikutnya adalah pengecualian dari pembatasan penggunaan jalan tertentu (ganjil-genap). Jadi kalau di Jakarta sekarang lagi ramai ganjil-genap, khusus kendaraan bermotor listrik nanti boleh melewati jalan itu," jelasnya.

"Artinya bahwa ada dorongan dari pemerintah bagaimana masyarakat akan beralih dari kendaraan-kendaraan yang sekarang (bermesin konvensional) dengan menggunakan BBM kemudian beralih kepada kendaraan bermotor listrik," terang Budi.

Simak Video "Grab Masih Pertimbangkan Mitranya Gunakan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com