Jumat, 23 Agu 2019 11:04 WIB

Kerusakan Mobil Dinas Jokowi Sulit Diperbaiki

Ray Jordan - detikOto
Mobil Jokowi saat mogok. Foto: dok. Biro Pers Setpres Mobil Jokowi saat mogok. Foto: dok. Biro Pers Setpres
Jakarta - Dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo bakal menunggangi kendaraan dinas baru. Mobil dinas yang selama ini ditumpangi Jokowi dinilai sudah tidak layak untuk seorang presiden. Disebutkan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Mercedes-Benz S600 Guard sering rusak.

Pihak Istana bukannya tak mau memperbaikinya namun kondisi kerusakan pada mobil sudah cukup parah. Hal itulah yang membuat pemerintah harus segera mengganti kendaraan dinas presiden.


"Dari pihak pabrikannya sudah berkali-kali memberitahu, memberi nasehat kalau terjadi sesuatu, sulit diperbaiki," jelas Heru di Kantor Kemendagri, Jakarta.

Mobil dinas Jokowi ini memang beberapa kali kedapatan bermasalah. Mobil sempat mogok dua kali di sela-sela kunjungan kerja. Kondisi mobil yang sudah tidak nyaman ini juga pernah dikeluhkan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Maklum, mobil dinas Jokowi saat ini merupakan warisan dari SBY sejak tahun 2008.

Kala itu SBY dikabarkan meminjam satu dari tujuh mobil kepresidenan padahal masa jabatannya sudah usai. Mobil dikembalikan pihak SBY ke Istana pada Maret 2017.

"Sebenarnya mobil keras yang disediakan negara tersebut sangat jarang saya gunakan. Terakhir kali saya naiki bulan September 2016 (6 bulan yang lalu) dan waktu itu baru saya gunakan sekitar 20 menit langsung rusak," ungkap SBY di pertengahan Maret 2017.


Sejauh ini ada dua kandidat mobil dinas baru untuk Jokowi. Keduanya sama-sama berasal dari Jerman yakni BMW dan Mercedes-Benz. Mercedes-Benz masih menawarkan mobil di teramannya di berupa S-Class tanpa menyebutkan modelnya secara pasti, sedangkan BMW menyodorkan seri-7 Security Vehicle F02.

Simak Video "Mengintip Mobil Dinas Presiden Sukarno, Buick Super Sedan 1949"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com