Selasa, 20 Agu 2019 13:49 WIB

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Mobil Buat Eksekutif Muda

Akfa Nasrulhak - detikOto
Foto: Rangga Rahadiansyah Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Bagi eksekutif muda biasanya kebingungan dalam memilih kendaraan karena berhubungan dengan kebutuhan dan karakteristik yang sesuai dengan kepribadian sebagai seorang eksekutif. Banyak mobil yang dijual di pasaran Indonesia dengan berbagai jenis dan model.

Sebetulnya, dalam menentukan mobil pilihan diperlukan sedikit riset dan perencanaan sederhana. Jangan terburu-buru saat menentukan pilihan mobil idaman. Hal yang perlu dilakukan adalah meraba kebutuhan dan citra diri Anda tak hanya saat ini, namun juga untuk beberapa tahun ke depan, bahkan mungkin untuk selamanya.

Ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan agar Anda semakin yakin dalam menentukan kendaraan. Setidaknya ada 4 hal yang perlu diperhatikan untuk menunjang mobilitas yang tinggi di tengah perkotaan yang padat:


Performa mesin
Mobil baru memang bisa lebih diandalkan dari pada mobil bekas. Namun karena industri mobil terus melahirkan mobil-mobil barunya, Anda pun perlu memahami beda kemampuan performa mesin satu mobil dengan lainnya.

Selain itu hal yang harus diperhatikan adalah menentukan kapasitas sebuah mesin. Kapasitas mesin biasanya dinyatakan dalam besaran volume silinder piston mesin, misalnya saja 1.000 cc, 1.100 cc, 1.300 cc, dan bahkan kini ada mesin turbo. Semakin besar kapasitas dari suatu mesin (semakin besar angka cc), maka semakin besar juga tenaga yang bisa dihasilkan mobil tersebut.

Tentunya selain Anda menginginkan mobil bagus, juga harus didukung dengan kemampuan performa mobil yang dapat berlari kencang agar lebih bisa maksimal dalam penggunaannya.

Tampilan desain
Bagi seorang eksekutif muda, mobil dengan tampilan desain yang mewah dan elegan menjadi sebuah keharusan. Seperti yang disebutkan, pertimbangan memilih kendaraan juga didasarkan dengan karakteristik yang sesuai kepribadian pengendara. Biasanya orang yang memiliki jiwa sporty, tentu lebih menyukai mobil dengan desain sporty. Berbeda dengan yang memiliki kepribadian feminim misalnya untuk wanita yang lebih menyukai mobil yang punya desain mungil dan lucu.

Fitur Keselamatan
Hal ini tentu yang paling penting dalam sebuah memilih mobil idaman. Setidaknya, mobil yang akan Anda gunakan aktivitas sehari-hari di tengah padatnya ibu kota memiliki fitur-fitur keselamatan yang memadai. Seperti sabuk pengaman yang terdapat di semua kursi penumpang. Selain itu, pintu dan kaca jendela sebaiknya memiliki sistem penguncian otomatis sehingga akan lebih aman bagi anak kecil.

Bahkan beberapa mobil saat ini telah memiliki fitur keamanan yang lebih canggih yaitu berupa airbag dan sistem rem ABS (anti-lock breaking system). Ada juga sebuah mobil yang punya teknologi yang bisa ngerem sendiri hingga menjaga mobil tetap berada pada jalurnya.

Fitur kenyamanan
Kenyamanan dari sebuah mobil memang sangat penting bagi pengendara maupun penumpang. Apalagi seorang profesional yang memiliki mobilitas yang tinggi di tengah jadwal padat, seringkali mobil menjadi tempat peristirahatan sementara sambil melakukan mobilisasi bertemu banyak orang penting.

Setidaknya, mobil yang bisa disebut nyaman itu harus memenuhi beberapa hal seperti tempat duduk yang empuk, AC yang sejuk, ruang yang lega, suara yang senyap, dan suspensi yang empuk.

Salah satu mobil yang bisa menjadi pilihan buat eksekutif muda adalah All New Honda Accord. Honda Accord generasi ke-10 ini setidaknya memiliki 4 keunggulan dari pendahulunya yaitu lebih bertenaga, karena All New Honda Accord dibekali mesin 1.500cc VTEC turbo yang menghasilkan performa yang powerful.

Dari sisi tampilan, mobil sedan ini tampil lebih modern dan sporty. Tampak samping yang sporty ditandai oleh garis bodi tegas yang memanjang dari depan hingga belakang. Lekukan di panel pintu dan bagian bawah semakin memberikan kesan tangguh dan solid.

Selain itu yang paling penting adalah keselamatan. Honda Accord generasi terbaru ini juga memiliki teknologi canggih bernama Honda Sensing. Ada beberapa fungsi canggih dari Honda Sensing seperti fitur Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM) yang dapat mempertahankan mobil agar tetap berada di lajurnya.

Dengan fitur LKAS, jika sistem mendeteksi mobil melenceng dari tengah lajur jalan pada kecepatan antara 72 km/jam sampai 180 km/jam, sistem akan mengaktifkan gerak koreksi pada setir untuk membantu pengemudi mengembalikan kendaraan ke tengah lajur. Sementara RDM menggunakan kamera monokular untuk mengenali garis solid dan putus-putus yang ada di jalan raya, juga marka pembatas jalan.


Ada juga fitur keselamatan lain bernama CMBS yang memberikan peringatan dan dapat mengurangi kecepatan kendaraan sehingga mengurangi pula dampak benturan dari depan. Selanjutnya fitur ACC with Low-Speed Follow yang bisa mengatur kestabilan kecepatan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan. Ini bisa bermanfaat saat kemacetan.

Selain fitur-fitur itu, Honda Accord juga dilengkapi dengan sistem Auto High Beam yang mengoptimalkan penggunaan lampu depan mobil. Ketika lampu depan diatur ke posisi Auto, sistem secara otomatis menyalakan lampu besar. Namun, jika kamera mendeteksi terdapat kendaraan dari arah berlawanan atau melaju di depan, maka lampu depan akan otomatis menyala ke lampu normal. Ini berfungsi untuk keselamatan sehingga ketika menggunakan lampu high beam tidak menyilaukan kendaraan di depan.

Terakhir, soal kenyamanan Honda Accord tak perlu diragukan lagi. Sebagai sebuah sedan premium, Honda Accord dapat menyajikan kenyamanan tak cuma untuk sopir, namun juga bagi penumpang belakang. Duduk sebagai penumpang belakang, Honda Accord menawarkan kenyamanan seperti legroom dan headroom yang sangat luas.

Di bagian kabin, Honda Accord memang sangat senyap ketika melaju sehingga terasa lebih nyaman dengan adanya fitur Active Noise Cancellation. Termasuk juga dengan teknologi Wheel Resonator untuk mengurangi kebisingan roda dan bagian bawah mobil saat melaju.

Simak Video "Sopir Sedan yang Nyelonong ke Kebun Tembak Pacar Pakai Air Gun"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com