Senin, 19 Agu 2019 07:11 WIB

Berita Populer: MPV Mewah Baru Toyota, CR-V Berwajah Accord

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Toyota Foto: Toyota
Jakarta - Toyota menambah jajaran mobil mewahnya lewat MPV terbaru Majesty. Hadirnya Majesty tentu melengkapi jajaran MPV mewah Toyota yang sebelumnya diisi oleh Alphard dan juga Vellfire.

Senjata mobil baru tak hanya dirilis oleh Toyota. Honda juga rupanya punya CR-V model baru namun tampangnya justru mirip Accord.

Kehadiran keduanya mampu menarik perhatian sehingga menjadi yang terpopuler sepanjang akhir pekan. Berikut selengkapnya dalam rangkuman berita otomotif populer sepanjang akhir pekan.

1. Toyota Majesty Resmi Diluncurkan, MPV Mewah Berbasis HiAce

Barisan MPV Premium Toyota kini bertambah lagi setelah diluncurkannya Toyota Majesty di Thailand. Majesty menemani model-model MPV mewah Toyota lainnya yang sudah eksis seperti Alphard dan Vellfire.

Satu hal yang menarik adalah Majesty dibangun dari platform kendaraan komersial, HiAce. Sedikit cerita, sebelumnya sudah ada Toyota Ventury yang merupakan versi mewah dari HiAce. Nah, Toyota Majesty ini merupakan versi pembaruan dari Ventury.

Foto: Toyota


Dari tampilan eksterior, Toyota Majesty bisa dikatakan sudah naik kelas dari mobil komersial ke mobil yang lebih mengutamakan kesan premium. Desain fascia-nya cukup elegan dengan grille besar berlapis krom. Tak hanya itu, desain head lamp-nya juga sudah menyipit, dilengkapi lampu LED dan fog lamp di ujung bumper.

Bagian interior Toyota Majesty juga tidak kalah mewah. Area dasbor misalnya sudah mengusung warna full hitam dan diberikan aksen panel kayu di bagian atas setir tutup laci dan di area door trim.

Toyota Majesty mampu dimuati 10 penumpang. Pada baris jok kedua dan ketiga sudah menganut model captain seat, lengkap dengan handrest di kedua sisi. Khusus pada baris kedua, juga sudah dilengkapi dengan legrest yang bisa membuat posisi duduk makin ergonomis.

Soal fitur, Toyota Majesty memiliki 7 colokan USB, 9 buah airbags, panel instrumen digital, AC digital, dan kamera 360 derajat. Sementara dari fitur keselamatan, mobil kotak ini sudah dilengkapi ABS (Anti-lock Braking System), VSC (Vehicle Stability Control), dan Traction Control (TRC).

Foto: Dok. Toyota


Toyota Majesty mengusung dapur pacu berkapasitas 2,8 liter, turbo, dengan output tenaga 163 dk, dan torsi 420 Nm, yang dikombinasikan transmisi otomatis 6-percepatan. Sebagai perbandingan, model Ventury sebelumnya menggunakan mesin 3,0 liter dengan output tenaga 136 dk dan torsi 300 Nm, dan ada pilihan mesin bensin 2,7 liter dengan tenaga 151 dk. Sementara Majesty tidak menawarkan pilihan mesin bensin.

Disebutkan Bangkok Post, Toyota Motor Thailand memasarkan Majesty dengan tiga pilihan, versi standar dibanderol 1,709 juta baht (Rp 786,4 juta), Majesty Premium 1,899 juta baht (Rp 873,8 juta), dan Majesty Grande 2,199 juta baht (Rp 1,011 miliar).

2. Kok Bisa? CR-V Baru Punya Muka Mirip Accord


Honda Breeze. Honda Breeze. Foto: Istimewa

Perusahaan patungan GAC Honda dan Honda Motor Company di China, Guangqi Honda, baru saja mengejutkan dunia otomotif dengan meluncurkan model baru CR-V bertampang sedan Honda Accord.

CR-V dengan wajah Accord ini punya nama resmi Honda Breeze. Dalam hal dimensi, Breeze punya ukuran mirip dengan CR-V. Lebarnya 1.855 mm, tingginya 1.679 mm, dan wheelbase-nya 2.660 mm. Namun untuk panjangnya, Breeze lebih panjang dengan 4.634 mm dibandingkan dengan CR-V 4.596 mm.

Dari tampilan luarnya, Honda Breeze mengusung wajah mirip Honda Accord generasi terbaru, dengan desain solid wingface. Cirinya, terdapat bilah krom besar yang bertemu dengan kedua headlamp-nya. Mempertegas kesan mobil SUV, ada semacam tarikan garis lurus berwarna hitam yang menghubungkan bumper depan dan belakang.

Honda AccordHonda Accord Foto: Dok. Honda Prospect Motor


Tak hanya bagian depannya yang beda. Bagian lampu belakangnya pun beda. Pada Honda Breeze, lampu belakang didesain lebih sederhana dan tidak ada list krom yang menghubungkan antar kedua lampu belakang.

Honda Breeze akan dijual khusus untuk pasar China. Mobil ini punya mesin 1,5 liter turbocharged empat silinder dengan 193 PS dan torsi 243 Nm, dipasangkan ke CVT. Jadwal peluncuran dikatakan berlangsung pada kuartal keempat tahun 2019.


Perkenalkan Renault Triber, MPV Eropa Pesaing Avanza dan Xpander:

[Gambas:Video 20detik]



(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com