Sabtu, 17 Agu 2019 12:01 WIB

Mengenal Aneka Kendaraan Khusus Pindad

Rizki Pratama - detikOto
Kendaraan militer Pindad Foto: Dikhy Sasra Kendaraan militer Pindad Foto: Dikhy Sasra
Bandung - PT Pindad (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menghasilkan kendaraan militer untuk memenuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan nasional. Saat ini pabrik kendaraan militer itu aktif memproduksi empat jenis kendaraan khusus yang tersedia dalam berbagai varian.

"Di kendaraan kita mulai dari Komodo 4x4 ada varian yang cukup banyak, kemudian Anoa 6x6 juga punya varian banyak mulai dari APC carrier, rumah sakit, logistik, mortar dan lain-lain. Kemudian kita punya Badak dengan canon 90mm. Kemudian medium tank terbaru produksi kita, Harimau. kita punya 8x8 infantry fighting vehicle, macam-macam," jelas Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose saat ditemui detikcom di Bandung, Jawa Barat.

Abraham MoseAbraham Mose Foto: Dikhy Sasra


Nah, penasaran dengan kapasitas mobil-mobil tersebut seperti apa? Mari bahas satu persatu kemampuan dari mobil-mobil tangguh buatan Indonesia tersebut.

Komodo

KomodoKomodo Foto: Dikhy Sasra


Pertama ada Komodo yang tersedia dalam empat pilihan, yaitu Komodo 4x4 Missile Launcher, Komodo 4x4 Battering Ram, Komodo 4x4 APC Police, dan Komodo 4x4 Recon. Dari segi dapur pacu mereka semua memiliki konfigurasi yang sama. Perbedaannya hanya pada berat yang dikontribusikan oleh berbagai jenis perlengkapan sesuai kebutuhannya.

Mobil ini menggendong mesin diesel 4 silinder segaris Turbo Charger Intercooler yang memiliki tenaga 215 hp. Tenaga tersebut dikirimkan melalui transmisi manual ke penggerak 4x4 sehingga mampu mencapai kecepatan 80kpj di jalanan, sedangkan pada medan off road mampu menerabas dengan kecepatan 30kpj.

Untuk masing-masing variannya, Komodo Missile Launcher mampu meluncurkan rudal Mistral yang terpasang pada bagian belakang kendaraan. Varian digunakan oleh TNI AD untuk keperluan pertahanan udara. Mobil ini memiliki kapasitas penumpang sebanyak 4 orang

Sementara itu Komodo 4x4 Battering Ram dirancang khusus untuk memiliki daya hantam yang kuat. Model satu ini menggunakan bumper depan yang kokoh dengan pipa tubular. Pada bagian kaca depan dipasangkan jaring besi untuk mencegah proyektil kecil masuk ke dalam kabin. Berbeda dengan Komodo Missile Launcher, varian satu ini mamu memuat 8 orang.

Selanjutnya ada Komodo Armored Vehicle Carrier (APC). Kendaraan satu ini mungkin sudah bukan asing lagi ditemui di jalanan. Seringkali digunakan oleh Polisi Brimob, mobil ini memiliki keunggulan dalam kapasitas kabinnya yang mampu mengangkut 12 orang personel bersenjata.

Terakhir ada Komodo Recon yang unggul dalam misi pengintaian. Kendaraan ini cukup untuk menampung 4 orang personel di dalamnya, yang dapat terhubung dengan pasukan lain lewat alat komunikasi radio VHF dan HF, serta Intercom yang telah terpasang didalamnya. Kendaraan ini juga memiliki GPS dan Thermal Vision untuk membantu pengemudi dalam mengoperasikan kendaraan dalam keadaan gelap di malam hari.

Anoa

Mengenal Aneka Kendaraan Khusus PindadFoto: Dikhy Sasra


Anoa merupakan kendaraan militer berpenggerak 6x6 buatan PT Pindad (Persero) yang tersedia dalam 7 varian. Ada Anoa 6x6 Mortar, Anoa 6x6 Command, Anoa 6x6 Amphibious, Anoa 6x6 Recovery, Anoa 6x6 APC, Anoa 6x6 Logistics, dan Anoa 6x6 Ambulance. Setiap varian Anoa mengusung mesin diesel 6 silinder segaris bertenaga 320hp berstandar Euro 3 dengan kapasitas tangki sebesar 200 liter.

Sama dengan Komodo, Anoa di atas kertas mampu mencapai kecepatan maksimum 80kpj di jalan rata dan 30kpj di offroad di atas penggerak 6x6-nya. Bedanya Anoa ini sudah menerapkan sistem transmisi otomatis lho. Lantas apa keunggulan masing-masing variannya?

Pertama ada Anoa 6x6 Mortar yang kemampuan utamanya adalah untuk bertempur. Kendaraan ini telah dilengkapi dengan pelontar mortir 81 mm dengan recoil system. Untuk mendukung pengoperasiannya, Anoa 6x6 Mortar juga dilengkapi dengan rak munisi serta atap yang dapat dibuka dan ditutup secara otomatis dengan sistem hidrolis.

Pindad AnoaPindad Anoa Foto: Dikhy Sasra


Selanjutnya ada Anoa 6x6 Command yang didesain untuk mengangkut komanda dalam memimpin sebuah operasi. Varian yang satu ini memiliki kapasitas penumpang sebanyak 7 orang termasuk pengemudinya.

Varian lainnya adalah Anoa 6x6 Amphibious. Dari namanya tentu sudah dapat dikenali apa kehebatan dari kendaraan ini. Yak, mobil ini tidak hanya mampu melaju di daratan tapi juga di air. Saat beroperasi di perairan, kendaraan ini mampu melaju dengan kecepatan 10kpj. Khusus untuk model ini kapasitas tangki ditingkatkan menjadi 260 liter dan mampu menjelajah sejauh 600km mengangkut 10 personel. Sebagai kendaraan amfibi, Anoa 6x6 Amphibious dilengkapi dengan water propeller, swimming drive system dan sistem hidrolik untuk propulsinya. Untuk persenjataannya, kendaraan ini dilengkapi dengan senapan mesin kaliber 7,62 mm

Setelah itu ada pula Anoa 6x6 Recovery. Kendaraan khusus satu ini dilengkapi dengan berbagai kelengkapan recovery seperti Boom Crane dengan beban maksimal 6 ton, Winch dengan beban maksimal 15 ton, serta Jack Stand hidrolis. Anoa tipe recovery memiliki kapasitas 5 orang personel termasuk pengemudi. Tipe ini memiliki mesin serta kelengkapan komunikasi yang sama dengan Anoa tipe yang lainnya.

Sama seperti Komodo, Anoa juga memiliki varian APC. Ini merupakan generasi pertama kendaraan tempur dari PT Pindad (Persero) yang memiliki keunggulan dalam mobilitas, proteksi serta daya angkut. Anoa 6x6 APC memiliki rasio daya berat 25 HP/ton, serta dilengkapi dengan sistem komunikasi dan transmisi otomatis. Anoa tipe APC memiliki kapasitas 12 orang personel termasuk pengemudi.

Anoa 6x6 Logistics spesifikasinya ditujukan sebagaian kendaraan angkut dalam operasi. Kendaraan ini memiliki kemampuan untuk mengangkut bahan bakar, munisi, serta alat-alat untuk perbaikan kendaraan lainnya. Penggunaan Anoa sebagai pengangkut logistik dapat memastikan keamanan jalur logistik kepada para prajurit dalam berjalannya pertempuran. Tipe ini memiliki spesifikasi mesin serta alat komunikasi yang sama dengan varian Anoa yang lainnya.

Terakhir ada Anoa 6x6 Ambulance yang memiliki fungsi seperti mobil ambulance lainnya. Bedanya tentu kendaraan medis ini sudah dapat diandalkan ketika dalam situasi peperangan. Varian ini dilengkapi dengan berbagai kelengkapan medis seperti oksigen serta alat pacu jantung.

Badak


Mengenal Aneka Kendaraan Khusus PindadFoto: Dikhy Sasra


Kendaraan tempur lainnya dari PT Pindad (Persero) adalah Badak 6x6. Badak merupakan kendaraan tempur berjenis panser dan termasuk model terbaru buatan Pindad. Badak dibuat khusus untuk kebutuhan kavaleri TNI AD dan baru memiliki satu varian.

Panser ini menggendong mesin diesel 6 silinder segaris Turbo Charger Intercooler yang mampu menyemburkan 340 hp. Pada medan yang mulus, panser ini mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 80 km per jam.

BadakBadak Foto: Pindad


Persenjataan Badak 6x6 dilengkapi oleh two-man turret kaliber 90 mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk daya gempur maksimal dan dioperasikan oleh 3 orang personel.

Harimau

Harimau merupakan kendaraan tempur paling baru yang diproduksi oleh PT Pindad (Persero) di pabriknya. Tank ini dibuat berdasarkan dukungan Kementerian Pertahanan RI sesuai kebutuhan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Mengenal Aneka Kendaraan Khusus PindadFoto: Selfie Miftahul Jannah


Kendaraan berjenis Tank ini memiliki two-man turret kaliber 105 mm, granat asap, serta senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk daya gempur maksimum. Harimau Medium Tank didesain khusus untuk daerah operasi tropis seperti hutan karena memiliki bobot yang lebih ringan dari Main Battle Tank.

Tank ini mampu mengangkut 3 personel dan melaju dengan kecepatan 70kpj di kondisi jalan yang mulus. Dikarenakan banyak alat tempur yang tertanam, takn ini memiliki bobot mencapai 30-35 ton.

Simak video 'Kendaraan Tempur Made in Indonesia yang Mendunia'.

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Tonton Kendaraan Tempur Made in Indonesia yang Mendunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com