Selasa, 13 Agu 2019 21:34 WIB

Mobil Jepang, India hingga China yang akan Ditantang Pikap Esemka

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Penampakan Pikap di Pabrik Esemka Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto Penampakan Pikap di Pabrik Esemka Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto
Jakarta - Nama Esemka kembali mencuat. Mobil buatan anak bangsa tersebut dikatakan akan muncul dalam waktu dekat.

Pihak Esemka pun mulai membuka diri kepada awak media. residen Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya memberikan sedikit bocoran soal mobil Esemka yang sudah ditunggu-tunggu.

"Kita sedang berproses, kita akan inform apabila kita mau launching produk dan fasilitas," ujar Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya Foto: M Luthfi Andika




Eddy membocorkan salah satu mobil Esemka yang akan dijual di Indonesia. Mobil itu berbentuk pikap, namanya Esemka Bima.

Diakui Eddy saat ini mobil-mobil Esemka sudah melakoni Uji Tipe di Kementerian Perhubungan. Sebagai mobil perdananya, Esemka bakal merilis pick-up Bima.

Pikap Esemka. Pikap Esemka. Foto: Ragil Ajiyanto


"Udah, kita sebut Bima. Bima 1.3 L sama 1.2 L beda dari cc-nya sama size bak," kata Eddy.



Dari penjelasan Eddy, Esemka Bima akan ditawarkan dengan pilihan mesin 1.300 cc dan 1.200 cc. Pikap itu bakal menantang pikap dari merek Jepang, India hingga China yang sudah lebih dulu eksis di Indonesia, terutama pikap bermesin 1.500 cc ke bawah.

Mobil Jepang, India hingga China yang Akan Ditantang Pikap EsemkaFoto: Dok. Daihatsu


Dari Jepang, pikap yang akan menantang Esemka Bima ada Daihatsu Gran Max. Daihatsu Gran Max ditawarkan dengan pilihan mesin 1.300 cc dan Rp 1.500 cc. Di Indonesia, Daihatsu Gran Max dijual dengan harga mulai Rp 132,9 juta sampai Rp 165 juta.

Selain itu, Daihatsu juga punya pikap bermesin 1.000 cc, yaitu Daihatsu Hi Max. Pikap Daihatsu Hi Max dijual mulai Rp 105.050.000 sampai Rp 113.050.000.

Mobil Jepang, India hingga China yang Akan Ditantang Pikap EsemkaFoto: Pradita Utama


Pabrikan Jepang lain yang menawarkan pikap penantang Esemka Bima adalah Suzuki Carry. Suzuki Carry yang baru diluncurkan di IIMS 2019 beberapa bulan lalu dijual mulai Rp 135,6 juta sampai Rp 145,1 juta.

Dari pabrikan India, ada Tata Motors yang menjual Super Ace. Pikap dari India tersebut ditawarkan dengan mesin diesel 1.400 cc.

Terakhir dari pabrikan China, DFSK menawarkan dua jenis pikap. Di Indonesia, DFSK menjual Super Cab dengan mesin diesel 1.300 cc dan mesin bensin 1.500 cc. DFSK Supercab diesel 1.3 dijual Rp 150 juta sementara DFSK bermesin bensin 1.5 dijual Rp 128.990.000.

Simak Video "Ramai di Medsos Prabowo Jajal Esemka"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com