Selasa, 13 Agu 2019 16:51 WIB

Kapan Mobil Esemka Mulai Dijual?

Dina Rayanti - detikOto
Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto
Jakarta - Pihak Esemka mulai buka suara terkait keberadaannya di Indonesia. Nama Esemka beberapa bulan terakhir kembali mencuat ke permukaan seiring dengan muncul dua mobil Esemka dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019.

Dalam daftar tersebut ada dua mobil Esemka yang tercantum yakni Bima dan Garuda 1. Tapi untuk tahap pertama, Esemka bakal merilis mobil jenis pick-up terlebih dahulu. Terlihat deretan mobil pick-up Esemka sudah berjajar di pabrik kawasan Boyolali. Lantas kapan mobil Esemka bakal meluncur?


"Mudah-mudahan, doain aja. Doain secepatnya," ungkap Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya saat ditanya kehadiran mobil Esemka tahun ini di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Eddy sendiri masih enggan buka-bukaan lebih lanjut soal Esemka termasuk investasinya juga jumlah kapasitas produksi pabrik. Ia hanya mengatakan bakal memberikan informasi lengkap ketika Esemka diumumkan nanti. Saat ini sebut Eddy Esemka hanya memiliki satu pabrik di Desa Demangan kawasan Boyolali.


Eddy juga menegaskan Esemka bakal memaksimalkan penggunaan komponen buatan dalam negeri demi ikut membangun industri komponen dalam negeri.

"Pada saat launching kita akan inform, kalau pada saat sekarang kita ngomong nggak ada kasih kejutan kan," sambung Eddy.

Simak Video "Bima, Mobil Pertama Esemka Diluncurkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com