Senin, 12 Agu 2019 18:22 WIB

Gagahnya Safety Car Baru MotoGP

Luthfi Anshori - detikOto
Safety car MotoGP BMW M8 Foto: BMW Safety car MotoGP BMW M8 Foto: BMW
Jakarta - BMW M8 sudah diperkenalkan ke publik sejak Juni lalu. Kini salah satu model dari jajaran mobil sporty BMW tersebut dipercaya untuk mengawal keselamatan di ajang balap MotoGP. BMW M8 dengan gaya safety car, didapuk sebagai salah satu kendaraan safety selama gelaran MotoGP seri Austria di Sirkuit Red Bull Ring, minggu lalu.

Dari tampilan eksterior, BMW M8 safety car tampil gagah dengan balutan grafis biru dan merah khas BMW. Dua warna tersebut diaplikasikan pada bodi BMW M8 yang punya dasar warna putih.



Selain ubahan kelir, BMW M8 juga sudah dilengkapi paket M Performance Parts, beberapa di antaranya tersedia untuk mobil produksi street-legal dan lainnya yang dirancang khusus untuk safety car.

Paket komponen performa tersebut meliputi sayap belakang atau spoiler milik M8 GTE, sistem knalpot sport titanium, diffuser belakang berbahan serat karbon, new front splitter, roll cage, fire extinguisher, dan floating hub cups. Selain itu ada pula tambahan livery MotoGP untuk memperkuat identitas safety car tersebut.

Sementara dari segi mesin, tidak ada yang berubah dari mobil ini. BMW M8 MotoGP safety car ditenagai mesin V8 4,4 liter twin-turbocharged, yang sanggup mengeluarkan tenaga 625 hp.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi Steptronic M delapan kecepatan dengan Drivelogic, yang mengirimkan tenaga ke keempat roda melalui sistem penggerak All Wheel xDrive.

"BMW M8 dan BMW M8 GTE dikembangkan secara paralel, dan gen balap ini membedakan model BMW M8 di semua area," kata Presiden BMW M Markus Flasch, di situs resmi BMW.

"Itulah mengapa ini jadi langkah logis bagi kami memilih BMW M8 sebagai safety car MotoGP baru kami. Dengan BMW M8 MotoGP Safety Car, kami benar-benar bersemangat untuk menghadirkan mobil 'pemimpin' yang kuat dan baru untuk balap motor kelas atas," kata Markus.

Simak Video "Lebih Dekat dengan Mobil Termewah BMW X7 'The President'"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed