Jumat, 09 Agu 2019 18:30 WIB

DKI Batasi Umur Mobil, Efektif Sasar Milik Pribadi Dulu?

Ridwan Arifin - detikOto
Petugas dari salah satu lembaga survei kendaraan melakukan penghitungan jumlah kendaraan Foto: Lamhot Aritonang Petugas dari salah satu lembaga survei kendaraan melakukan penghitungan jumlah kendaraan Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan instruksi untuk pengendalian kualitas udara dengan melakukan pembatasan usia kendaraan masuk Ibu Kota, baik untuk angkutan umum dan mobil pribadi.

Dalam Instruksi Gubernur DKI Jakarta No. 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara, Anies meminta agar ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai tahun 2019 ini lebih diperketat.



Selain itu, kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun bakal dilarang beroperasi di DKI Jakarta pada 2025. Sedangkan angkutan umum berusia di atas 10 tahun dan tidak lulus uji emisi di jalan serta menyelesaikan peremajaan angkutan umum melalui program Jak Lingko pada 2020.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan sebaiknya mobil pribadi terlebih dahulu yang menjadi sasaran pembatasan umur kendaraan. "Yang terbesar adalah kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi dilakukan uji emisi juga," ujar Djoko kepada detikcom.

Menurutnya secara populasi kendaraan umum di DKI Jakarta masih di bawah 5 persen. "Sangat kecil pengaruhnya (bila angkutan umum dulu yang dibatasi)," sambung Djoko.



Saran Djoko upaya yang didorong pemerintah bukan hanya uji emisi pembatasan usia kendaraan pribadi. Namun juga mensosialisasikan pengguna kendaraan pribadi untuk beralih ke transportasi umum. "Tidak hanya sekedar uji emisi, tetapi membatasi gerak pada kendaraan pribadi," ungkapnya.

Dalam Instruksi Gubernur juga disebutkan salah satu hal untuk membatasi gerak kendaraan pribadi, di antaranya perluasan kebijakan ganjil-genap selama musim kemarau. Tarif parkir di wilayah yang terlayani angkutan umum massal pada 2019 akan ditingkatkan. Serta akan diterapkan kebijakan congestion pricing.

Simak Video "Sah! 106 Anggota DPRD DKI Jakarta Dilantik, Ini Daftarnya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com