Jumat, 09 Agu 2019 12:59 WIB

Nissan Gaet Mitsubishi Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Nissan. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Nissan cukup serius untuk mengembangkan mobil listrik di Tanah Air. Disebutkan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Harjanto dalam mengembangkan mobil listrik di Indonesia Nissan bakal menggaet Mitsubishi berkat adanya aliansi.

Rencananya Nissan akan memanfaatkan fasilitas pabrik Mitsubishi untuk memproduksi mobil listrik Leaf dan e-Power.


"Masukin new produk, mau kerja sama dengan Mitsubishi untuk bikin mobil listrik Leaf dan e-Power di Indonesia," kata Harjanto dikutip dari CNN Indonesia.

Di Indonesia, Nissan punya fasilitas produksi yang lokasinya di kawasan Purwakarta, Jawa Barat. Saat ini fasilitas tersebut hanya memproduksi model low cost green car (LCGC) Datsun. NMI juga akan memproduksi mesin Xpander mulai 2020.

Nissan Leaf.Nissan Leaf. Foto: Ari Saputra


Satu-satunya mobil Nissan yang diproduksi di Tanah Air hanyalah Livina, namun perakitannya memanfaatkan fasilitas produksi Mitsubishi.

Sementara Leaf merupakan mobil listrik Nissan yang sudah dipasarkan global. Sejumlah negara sudah mulai kedatangan mobil ini salah satunya Australia. Leaf diklaim menjadi mobil listrik paling laris di dunia yang resmi dipasarkan Nissan sejak 2010.


Sementara e-Power menjadi mobil listrik Nissan yang dijual di Jepang sejak 2016. e-Power punya beberapa varian, antaranya Note e-Power NISMO dan Note e-Power NISMO S.

Leaf sendiri baru unjuk gigi dihadapan publik Indonesia saat GIIAS 2019 digelar. Sementara Note e-Power sudah beberapa kali wara-wiri dalam pameran yang digelar Nissan.

Simak Video "Rugi US$ 6,2 Miliar, Nissan Tutup Pabriknya di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com