Sabtu, 03 Agu 2019 15:13 WIB

Sedan Hybrid dengan Panel Matahari

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Memasuki era elektrifikasi kendaraan, berbagai pabrikan berlomba-lomba untuk membuat mobil listrik, mulai dari hybrid, Plug in Hybrid, Battery Electric Vehicles hingga Fuel Cells.

Salah satunya pabrikan Hyundai, mobil sedan dengan merek Hyundai Sonata ini disulap menjadi mobil hybrid dikombinasi bersama panel surya yang terletak di atap.

Sedan Hybrid dengan Panel MatahariFoto: Istimewa


Dengan teknologi panel surya, artinya Sonata Hybrid tidak lagi bergantung pada deselerasi saat pengereman untuk mengisi ulang baterai. Dengan panel surya, Hyundai mengatakan baterai kendaraan dapat diisi ulang dalam waktu 6 jam. Mobil diperkirakan mampu menambah jarak tempuh mobil hingga 1.300 km per tahun.



Menggunakan teknologi hybrid, Hyundai Sonata dapat terasa efisiensinya pada kecepatan rendah misal dalam menghadapi kemacetan, ini karena tenaga yang digunakan bersumber dari baterai.

Hyundai juga menggunakan teknologi Active Shift Control baru pada Sonata Hybrid. Disebutkan teknologi ini mampu mengendalikan motor listrik membuat putaran mesin dan transmisi yang selaras sehingga mengurangi waktu perpindahan gigi hingga 30 persen.

Sedan Hybrid dengan Panel MatahariFoto: Istimewa


Hyundai mengatakan sedan hijau ukuran menengah mereka memiliki efisiensi bahan bakar hingga 20,1 kilometer per liter jika dilengkapi dengan paduan pelek 16 inci yang lebih kecil. Pada roda 17 inci yang lebih besar, angkanya turun sedikit menjadi 19,1 kilometer per liter.



Bagaimana dengan kinerja performa? Sonata Hybrid menggunakan mesin Smartstream 2.0 liter dengan timing katup variabel kontinu, yang menghasilkan 152 PS.

Kemudian dipasangkan dengan motor listrik tunggal yang mengeluarkan 38 kw, yaitu sekitar 52 PS. Digabungkan, total output dari Sonata Hybrid adalah 195 PS.

Adapun transmisinya, Hyundai tidak menggunakan CVT (continuous variable transmission) biasa. Sebagai gantinya, mereka mengembangkan otomatis enam kecepatan yang khusus dibuat untuk Sonata Hybrid.

Simak Video "KPK Tetapkan 2 Tersangka Baru Kasus TPPU Eks Bupati Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com