Sabtu, 03 Agu 2019 09:14 WIB

Round-Up

Mobil Tua Dibatasi di Jakarta Demi Tekan Polusi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
1
Halaman 1 dari 6
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki pandangan tersendiri untuk mengatasi masalah polusi di Jakarta. Apalagi, beberapa hari terakhir Jakarta masuk dalam peringkat tertinggi kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Salah satu kebijakan Anies adalah dengan membatasi usia kendaraan bermotor. Kendaraan berusia 10 tahun ke atas bakal dilarang melintas di Jakarta mulai 2025. Selain itu, angkutan umum berusia lebih dari 10 tahun juga haram mengangkut penumpang di Jakarta.



"Mulai tahun ini kita akan tuntaskan, tidak ada lagi angkutan umum beroperasi di Jakarta yang berusia di atas 10 tahun dan tidak lulus uji emisi. Ini kita akan di tahun 2020, artinya tahun ini adalah tahun terakhir di mana kendaraan usia lebih dari 10 tahun secara umum bisa beroperasi di Jakarta," kata Anies di Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019) seperti dikutip detikNews.

"Kendaraan pribadi juga akan mengalami hal yang sama, tetapi pada tahun 2025. Jadi tahun 2025 kita punya periode waktu 6 tahun untuk masyarakat bersiap, bahwa kendaraan yang bisa beroperasi di Jakarta hanya kendaraan yang usianya di bawah 10 tahun dan seluruh kendaraan akan mengalami uji emisi," sambungnya.

Berikut ringkasan berita seputar pembatasan kendaraan berdasarkan usia kendaraan sesuai instruksi Anies Baswedan. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com