Selasa, 16 Jul 2019 11:37 WIB

Benarkah Perusahaan Leasing Lebih Sayang pada Mobil Jepang?

Rizki Pratama - detikOto
Ilustrasi pembelian mobil. Foto: Pool Ilustrasi pembelian mobil. Foto: Pool
Jakarta - Citra sebuah merek otomotif tidak hanya berpengaruh pada konsumen, tapi juga pada perusahaan pembiayaan. Di Indonesia sendiri selain digemari masyarakatnya, mobil Jepang dinilai lebih mudah diberikan dukungan pembiayaan atas kepemilikan kendaraan.

Kecenderungan ini berlaku untuk mobil baru hingga mobil bekas. Chief Marketing Officer Astra Credit Companies, Tan Chian Hok, mengungkapkan nilai jual kembali mobil Jepang yang relatif lebih baik daripada mobil lainnya menjadi salah satu indikatornya.



"Tentunya populasi yang lebih banyak, lebih kuat mereknya apalagi harga resale valuenya, populasi lebih dikit lebih rendah. Kalau kita bicara mobil Jepang lebih baik tentunya dari European car," ujar pria yang disapa Ahok ini dalam media gathering Astra Financial GIIAS 2019 di Menara Astra, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019).

Meskipun demikian, ia juga tidak mengatakan mobil dari negara lainnya lebih susah untuk mendapatkan bantuan pembiayaan. Bisa dikatakan untuk mobil Eropa saat ini di Indonesia ada nama Mercedes-Benz dan BMW yang memiliki populasi lebih besar.



"(Mobil lain lebih susah?) Sebenarnya nggak juga cuma tergantung ATPM-nya saja," lanjut Ahok.

Lantas bagaimana dengan potensi mobil China dalam pembiayaan ke depannya? Dua merek mobil asal China saat ini yang mengaspal di Indonesia, yaitu Wuling dan DFSK, dinilai Ahok belum cukup kuat citranya. Ia mengatakan butuh waktu untuk membangun itu dan meraih kepercayaan lebih besar dari perusahaan pembiayaan.

"(Mobil China) bagus sih. Kalau kita lihat belum sampai taraf networking. Segalanya butuh waktu, nggak bisa semudah itu untuk otomotif. Kalau mobil kita bicara secara volume berapa dipakai masyarakat itu mempengaruhi daya beli masyarakat untuk jual kembalinya," tukas Ahok.

Simak Video "Mobil Listrik ini Menggunakan Bensin untuk Pengisian Daya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com