Senin, 15 Jul 2019 21:45 WIB

Tak Perlu Musik di Lampu Merah, Jaguar Bikin Fitur Anti-stres

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Dok. Jaguar Land Rover Foto: Dok. Jaguar Land Rover
Whitley - Mengemudi kendaraan bermotor apalagi di tengah kemacetan memang bikin stres. Pengendara yang stres ini bisa saja semakin emosi sehingga berisiko menimbulkan kecelakaan.

Pemerintah Kota Depok, misalnya, berencana untuk memutarkan lagu di lampu lalu lintas untuk menghibur pengendara yang terjebak kemacetan. Wali Kota Depok sebelumnya mengatakan ini merupakan bagian untuk mengentaskan masalah kemacetan. Katanya, musik yang lebih mensosialisasikan keselamatan berkendara dan alunan nadanya sudah ditetapkan itu biar menghibur.



Namun, berkat teknologi ini pengendara yang stres tak perlu lagi musik di lampu merah. Jaguar Land Rover sedang meneliti teknologi kecerdasan buatan (AI) baru untuk memahami keadaan pikiran pengemudi. Setelah memahami pikiran pengemudi, mobil akan menyesuaikan pengaturan kabin untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi.

Teknologi ini menggunakan kamera yang menghadap ke pengemudi dan penginderaan biometrik untuk memantau dan mengevaluasi suasana hati pengemudi. Kemudian, sistem akan menyesuaikan sejumlah fitur interior termasuk pemanas, ventilasi dan pendingin udara, media, dan pencahayaan sesuai kondisi pengemudi. Hal ini disebut untuk membantu mengatasi stres.



Jaguar Land Rover juga menguji coba teknologi serupa untuk penumpang belakang dengan kamera yang dipasang di sandaran kursi. Jika sistem mendeteksi tanda-tanda kelelahan, kabin mobil secara otomatis akan meredupkan lampu, menggelapkan jendela, dan mengatur suhu kabin yang sesuai untuk membantu penumpang belakang terlelap tidur.

"Perangkat lunak Mood-detection adalah generasi berikutnya dari teknologi pelacakan driver Jaguar Land Rover yang ada. Driver Condition Monitor, yang mampu mendeteksi jika pengemudi mulai merasa mengantuk dan akan memberikan peringatan dini untuk istirahat, tersedia di semua kendaraan Jaguar dan Land Rover," tulis Jaguar Land Rover pada laman resminya.

Sistem pendeteksi suasana hati ini dibuat untuk meningkatkan pengalaman berkendara. Dirancang untuk menciptakan tempat perlindungan di dalam masing-masing kendaraan mewahnya, pabrikan asal Inggris itu sedang menguji coba berbagai fitur kenyamanan pengemudi dan penumpang, untuk memastikan penumpang senyaman mungkin sambil memastikan pengemudi tetap waspada, dan terkendali. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com