Senin, 15 Jul 2019 17:43 WIB

Rush 'Made in Indonesia' yang Laris di Negeri Orang Ikut Ditarik

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Rush. Foto: Toyota Toyota Rush. Foto: Toyota
Jakarta - Masalah airbag tengah menghantui Toyota Rush. PT Toyota Astra Motor baru saja mengumumkan Rush yang diproduksi mulai Desember 2017 hingga Februari 2019 ditarik untuk mengganti komponen ECU airbag. Disebutkan Toyota, curtain airbag dapat mengembang sendiri pada kondisi tertentu karena pemrograman komputer tak sesuai.

Rupanya tak hanya Rush untuk produksi lokal saja yang terpengaruh. Rush berlabel 'Made in Indonesia' yang dikirim ke luar negeri pun terkena imbasnya.


"Iya termasuk yang ekspor," kata Direktur Marketing TAM Anton Jimmi Suwandy ketika dikonfirmasi detikcom, Senin (15/7/2019).

Dituturkan Anton total ada 96.000 unit Rush yang terkena dampak terdiri dari 60.000 unit Rush di pasar dalam negeri, dan 36.000 sisanya di pasar ekspor.

Toyota Rush.Toyota Rush. Foto: Toyota


Sebagai informasi, Rush yang diproduksi berbarengan dengan Terios di pabrik Daihatsu juga dikirim ke mancanegara seperti ASEAN, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, Afrika Barat, Pakistan, Irak, Gabon, Paraguay, Elsavador, Honduras, Bangladesh, dan sederet negara lain.


Adanya penarikan ini juga disebutkan Anton tak akan memberikan pengaruh signifikan terhadap merosotnya penjualan Rush. Rush sendiri berdasarkan data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) masuk ke dalam daftar mobil terlaris se-Indonesia. Misalnya pada periode Mei 2019, Rush menjadi mobil terlaris kedua setelah mobil sejuta umat Avanza.

"Pengalaman sebelumnya tidak ada significant impact. Justru ini menujukan responsibility TAM ke customer," jelas Anton.

Bagi detikers yang memiliki Rush dengan periode produksi seperti disebutkan di atas ada baiknya untuk memboyong Rush ke bengkel. Waktu penggantian ECU airbag pun tak berlangsung lama hanya 30 menit. Tak perlu khawatir adanya penggantian ECU airbag ini konsumen tak dikenakan biaya alias gratis.


"Demi safety & memberikan "Peace of Mind", kami akan menginformasikan para pemilik kendaraan Rush untuk mengganti ECU Airbag kendaraannya. Proses penggantian ini sangat mudah dilakukan di bengkel resmi Toyota dan tanpa biaya sama sekali (gratis)," kata President Director PT Toyota-Astra Motor Yoshihiro Nakata, dalam pernyataan yang diterima detikcom.


Rush 'Made in Indonesia' yang Laris di Negeri Orang Ikut Ditarik
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com