Senin, 15 Jul 2019 15:18 WIB

Mobil Baru 2019

Selega Apa BMW X7 The President?

Ridwan Arifin - detikOto
BMW X7 Foto: Rifkianto Nugroho BMW X7 Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - BMW Grup Indonesia resmi mendaratkan BMW X7 ke Tanah Air, mobil bergaya bongsor ini merupakan kelas tertinggi yang dihadirkan BMW di model X. Untuk pasar Indonesia sendiri model yang ditawarkan hanya satu varian yakni xDrive40i, yang dibanderol Rp 2,4 miliar. Itu harganya masih Off The Road, belum plus pajak segala macam.

Lebih lanjut dalam pemaparan saat peluncuran di Museum MACAN, Jakarta Barat, Senin (15/7/2019), Product Planning BMW Group Indonesia, Anindyanto Dwikumoro menjelaskan mobil ini memiliki kapasitas terluas yang hadir di keluarga model X.

"Pada bagian depan kita bisa langsung melihat ini adalah grille terbesar yang pernah BMW buat sepanjang sejarah," ujar Anindyanto di Jakarta Barat, Senin (15/7/2019).

Grille terbesar dalam sejarah BMWBMW X7 punya Grille terbesar dalam sejarah BMW Foto: Rifkianto Nugroho


BMW menyebutnya dengan Kidney Grille dipadupadankan dengan lampu depan kembar yang ramping dan memanjang hingga memanjang ke grille. Desain fascia depan juga dipertegas dengan BMW Lasernight sebagai standar, juga air intake yang lebar dengan sentuhan chrome bar.

Beranjak ke interior dalam, kesan luas dan elegan terpancar. Anindyanto menjelaskan sebagai fitur hiburan sudah dilengkapi untuk menunjang kenyamanan penumpang.

Interior BMW X7Interior BMW X7 Foto: Rifkianto Nugroho


"Bicara BMW X7 tidak hanya eksterior saja, di dalam interior desain di mana beberapa dari fungsi-fungsi yang biasa kita temui di BMW kita minimalisir dan kita jadikan satu cluster sehingga konsumen bisa merasakan interior yang lebih elegan, dan merasakan kualitas material yang sangat bagus," jelas Anindyanto.

"Jika berbicara mobil yang besar, kami juga mau konsumen merasakan space yang luas ketika mereka duduk di dalamnya," ujar Anindyanto.

Secara dimensi BMW X7 memiliki panjang 5.151 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.805 mm, serta dengan sumbu roda 3.105 mm. Menariknya BMW X7 juga menghadirkan kelapangan dengan tiga baris kursi berkapasitas enam penumpang (penawaran standar), namun konsumen dapat memesan dengan konfigurasi tujuh bangku.
BMW X7BMW X7 Foto: Rifkianto Nugroho


Semua pengaturan kursi dilakukan secara elektrik dengan menekan satu tombol, kapasitas ruang bagasi dapat ditingkatkan dari 326 hingga maksimum 2.120 liter. Uniknya suspensi udara standar memungkinkan kendaraan ini diturunkan dengan satu sentuhan tombol pada bagasi untuk memudahkan proses pemuatan

BMW X7 hadir dengan leather trim Merino, suasana eksklusif juga terpancar dengan hadirnya atap kaca panorama Sky Lounge dengan cahaya LED yang tersebar merata di permukaan kaca untuk menerangi lebih dari 15 ribu pola grafik.



Dari segi dapur pacu, BMW X7 yang dipasarkan di Indonesia adalah xDrive40i yang dibekali mesin 3.0 liter enam silinder BMW TwinPower Turbo dikawinkan dengan transmisi Streptonic Sport - 8 Percepatan. Walhasil dengan bekal tersebut mampu memuntahkan tenaga 340 hp pada 5.500 - 6.500 rpm dan torsi maksimal 450 Nm dari 1.500 rpm. Di atas kertas BMW X7 mampu melesat dari 0 - 100 km/jam dalam 6,1 detik dengan kecepatan puncak 245 km/jam.

Beberapa teknologi terkini untuk keamanan juga sudah tersemat di antaranya fitur Cruise Control, Collision and Pedestrian Warning, Parking Asistant, dan sudah mulai otonom lewat Reversing Assistant yang bisa digunakan saat keluar dari parkir di jalan yang sempit.



Selega Apa BMW X7 The President?
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com