Sabtu, 13 Jul 2019 15:37 WIB

Intip Spesifikasi Renault Triber yang Akan Dijual di Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Renault Triber Foto: Rifkianto Nugroho Renault Triber Foto: Rifkianto Nugroho
Tangerang Selatan - Seminggu menjelang pameran GIIAS 2019, Renault Triber sudah terparkir rapi di garasi diler Maxindo Renault di Bintaro, Tangerang Selatan. Ada dua Triber unit trial yang dibawa utuh dari negeri Hindustan, warnanya biru dan gold. Keduanya versi tertinggi Triber karena sudah pakai remote keyless.

Chief Operation Officer PT MRI, Davy J Tuilan mengatakan harga resmi Triber akan diumumkan di GIIAS 2019. "Kami akan menawarkan Triber dalam 4 varian dan semuanya pakai transmisi manual," kata Davy, di Tangerang Selatan.



Dijelaskan Davy, Renault Triber yang bakal dijual di Indonesia tidak memiliki perbedaan spesifikasi dengan unit yang dijual di India. Mesinnya 1.000 cc, 3 silinder DOHC, yang pakai basis dari mesin Renault Clio. Mesin yang disalurkan secara manual 5-percepatan ke roda depan tersebut bisa memuntahkan tenaga sebesar 72 dk dengan torsi puncak sebesar 96 Nm.

Secara dimensi, Renault Triber punya panjang 3.990 mm, lebar 1.793 mm mm, dan tinggi 1.643 mm. Sementara jarak sumbu rodanya adalah 2.636 mm, dengan ground clearance 182 mm. Mobil ini memiliki bobot hingga 947 kg.

Renault TriberRenault Triber Foto: Rifkianto Nugroho


Bicara desain eksterior, Renault Triber menampilkan konsep ala mobil MPV pada umumnya. Fascia depannya menampilkan grille beraksen krom tiga baris dengan logo besar Renault di tengahnya. Lampu depan Renault Triber versi tertinggi ini sudah memakai proyektor, yang dilengkapi dengan lampu kabut di bawahnya.

Kesan 'SUV look' juga tampak kuat di Renault Triber berkat adanya aksen hitam yang menyambung dari bemper hingga fender depan. Aksen hitam doff ini juga disematkan pada side skirt dan fender belakang. Selain itu, mobil ini juga sudah dibekali roof rail, yang berguna sebagai dudukan roof rack dan roof box.

Renault Triber diklaim bisa memberikan kenyamanan dan fleksibilitas terbaik di kelasnya untuk dapat mengakomodasi satu hingga tujuh orang. Jarak baris depan 710mm, ruang kaki baris kedua hingga 200mm, dan ruang kaki baris ketiga 91mm. Dan yang menarik desain atap kabin pada baris kedua dibuat menonjol ke luar, sehingga penumpang bisa memiliki head room yang luas dan nyaman.

Renault TriberRenault Triber Foto: Rifkianto Nugroho


"Mobil ini juga punya sistem Easy Fix. Jadi kursi baris ketiga bisa dicopot secara independen dengan mudah, sehingga penumpang bisa menambah kapasitas bagasi menjadi 625 liter. Renault Triber menawarkan lebih dari 100 konfigurasi tempat duduk," jelas Davy.

Bicara fitur, Renault Triber dilengkapi sistem hiburan berlayar sentuh ukuran 8 inci yang sudah dilengkapi dengan fitur Apple CarPlay dan Android Auto. Jangan khawatir kepanasan dan mati gaya, sebab mobil ini sudah dilengkapi AC hingga baris ketiga dan socket charger yang memastikan gadget penumpang selalu hidup.

Renault TriberRenault Triber Foto: Rifkianto Nugroho


Pada varian tertinggi mobil ini sudah menggunakan Smart Access Card mirip fitur keyless. Fitur ini membuat proses mengunci dan membuka kunci pintu mobil jadi mudah. Pemilik tinggal mengantungi remote keyless, saat melangkah menjauhi mobil maka pintu mengunci otomatis dan ketika pengguna mobil mendekat, kunci mobil otomatis terbuka.

Aspek keamanan Renault Triber dilengkapi dengan empat airbags dan sabuk pengaman pada semua baris yang dilengkapi retractor dan pretensioner untuk pengemudi. Sensor parkir dan sistem peringatan kecepatan juga sudah dimiliki Triber.

"Kami akan hadir di GIIAS 2019 agar lebih dekat dengan konsumen. Kami juga akan memperluas jaringan penjualan hingga 40 outlet eksklusif dan 25 outlet satelit yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memenuhi permintaan akan produk Renault," terang Davy.

Simak Video " Keren! Kursi Mobil Ini Fleksibel Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com