ADVERTISEMENT
Jumat, 12 Jul 2019 10:45 WIB

Belum Juga Meluncur di Indonesia, VW Kodok Sudah Tiada

Dina Rayanti - detikOto
VW Beetle. Foto: Getty Images VW Beetle. Foto: Getty Images
Jakarta - Volkswagen akhirnya menghentikan produksi mobil legendarisnya Beetle atau yang biasa dikenal dengan julukan VW Kodok. Beetle sendiri merupakan salah satu mobil legendaris dari Volkswagen. Para pencinta VW Kodok di Tanah Air pun harus sedikit kecewa karena belum juga meluncurkan versi barunya, Beetle sudah keburu disetop produksinya.

Salah satu masalahnya adalah sebelum adanya aturan Euro4 pada setiap mobil baru, standar emisi bahan bakar di Indonesia tak sesuai dengan spesifikasi mobil-mobil VW termasuk Beetle. Hal itu membuat VW Kodok tak juga diboyong ke Indonesia.


"Beetle waktu launching itu dia enggak buat Euro2, dia buat Euro 5 ke atas. Jadi mesinnya enggak bisa di Indonesia. Sampai sekarang juga enggak bisa. Euro4 mungkin bisa, tanpa OBD (On-board diagnostics)," ujar Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor sebagai agen pemegang merek Volkswagen di Indonesia, Andrew Nasuri beberapa waktu silam.

Desain VW Beetle sendiri terdapat campur tangan orang kelahiran Indonesia Chris Lesmana. Kini VW Kodok tinggal kenangan. Produksi mobil VW Beetle ini disetop lantaran gagal menavigasi perubahan selera konsumen ke arah SUV.

Perakitan VW Beetle seri terakhir yang diproduksi di Puebla, Meksiko, dirayakan dengan meriah. Mobil VW Beetle edisi terakhir ini akan dijual di Amazon.com.

Mobil yang juga dikenal dengan nama 'Bug' itu memiliki sejarah panjang. Mobil ikonik tersebut dibuat pertama kali pada 1938 yang diperintahkan Adolf Hitler.

Awalnya, VW Beetle dibuat sebagai mobil terjangkau pada masanya. Mobil itu dibuat untuk mempromosikan kepemilikan mobil di antara orang Jerman.


Dengan desainnya yang funky dan harga yang murah, mobil ini menjadi kisah sukses selama beberapa dekade berikutnya. Bahkan, di beberapa negara VW Beetle merupakan salah satu model terlaris.

Meskipun terkenal bersejarah, penjualan Beetle loyo dalam beberapa tahun terakhir.

Simak Video "Hotel Terkecil di Dunia Sebesar Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com