Kamis, 11 Jul 2019 15:13 WIB

Ini Dia VW Kodok Edisi Terakhir

Rangga Rahadiansyah - detikOto
VW Beetle edisi terakhir Foto: Getty Images VW Beetle edisi terakhir Foto: Getty Images
Puebla - Volkswagen memutuskan untuk mengakhiri produksi mobil ikonik, VW Beetle atau di Indonesia dikenal dengan nama VW Kodok. Produksi terakhir VW Kodok di pabrik Puebla, Meksiko, dirayakan kemarin.

VW Beetle edisi terakhir ini masuk dalam edisi terakhir. Mobil ini menggendong mesin 2.000 cc turbo empat silinder. Tenaganya bisa mencapai 174 daya kuda.

Ini Dia VW Kodok Edisi TerakhirFoto: Getty Images


Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan.



Beetle terakhir dari pabrik VW di Puebla ini akan menuju museum Volkswagen di kota itu. VW Beetle tersebut akan bergabung dengan koleksi kendaraan bersejarah Volkswagen di Amerika.

Ini Dia VW Kodok Edisi TerakhirFoto: Getty Images


Volkswagen Beetle ini terbilang legendaris dan memiliki sejarah panjang. Mobil ini pertama kali dibuat untuk proyek mobil rakyat ala Adolf Hitler. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada 1938. VW Beetle telah menghabiskan usia lebih dari 80 tahun di Bumi.

"Rasanya tidak mungkin membayangkan Volkswagen tanpa Beetle. Dari pertama impor pada 1949 sampai saat ini, Beetle telah memamerkan kemampuan perusahaan kami ke industri otomotif," kata Presiden dan CEO Volkswagen Group of America.



Uniknya, selama 81 tahun cuma ada tiga generasi Beetle. Beetle generasi pertama yang ikonik hingga menjadi bintang film Herbie telah berakhir produksinya pada 2003. Volkswagen kemudian membuat New Beetle yang sedikit berbeda pada 1998, namun tetap mempertahankan garis desain membulatnya.

Hingga kini, VW Beetle ikonik itu kalah tenar dibanding mobil crossover atau SUV. Pada 2018, Volkswagen hanya menjual 14.411 Beetle di Amerika, terendah sejak 2011 ketika VW Beetle beralih dari generasi kedua menjadi generasi sekarang.

Simak Video "Hotel Terkecil di Dunia Sebesar Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed