Rabu, 10 Jul 2019 13:45 WIB

Jual Beli Mobil Bekas Amerika Susah Leasingnya

Rizki Pratama - detikOto
Mobil bekas Amerika Foto: Rizki Pratama/detikOto Mobil bekas Amerika Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta - Tak sama seperti mobil buatan Jepang, mobil buatan Amerika Serikat pertumbuhan pasarnya sangatlah lamban baik mobil baru maupun bekas. Meskipun masih ada peminatnya eksistensi mobil ini cukup terhambat dikarenakan program pembiayaan untuk pembelian mobil bekas terkadang enggan melayani.

Hal ini diakui oleh salah seorang penjual mobil bekas di bursa mobil bekas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara. Marketing Morten Auto, Yudi mengatakan meski ketersediaan mobil Amerika cukup jarang, mobil itupun cukup lama nongkrong di lapaknya sebelum laris terjual.



"Mobilnya lebih susah transaksi karena banyak pertimbangan, leasingnya juga banyak yang ngga terima," ungkap Yudi saat ditemui di showroomnya.

Meskipun sulit terjual ketersedian mobil ini yang sedikit ini pun cukup seimbang dengan permintannya jadi tidak terlalu menumpuk. Untuk mobil Amerika yang dijual di lapaknya sendiri biasanya membutuhkan waktu 3-4 bulan untuk berganti kepemilikan.

Mobil bekas Amerika SerikatMobil bekas Amerika Serikat Foto: Rizki Pratama/detikOto


Kebetulan pada saat disambangi ia sedang menjual dua unit Ford Wildtrack dengan harga Rp 340 juta.

"Meskipun stok tidak banyak tapi cukup seimbang lah, jadi keluar masuknya sama. Itu Ford Wildtrack tahun 2014 harganya Rp 340 juta-an. Ini mobil juga jarang yang nyari. Mobil seperti ini bisa 3-4 bulan baru laku," tuturnya.



Dari pantauan detikcom pun memang mobil Amerika sangat jarang sekali ditemui di kawasan penjualan mobil bekas itu. Hanya beberapa diler yang berani menjajakannya, sementara itu mobil buatan Jepang sudah barang pasti menjadi produk yang mudah diperjualbelikan di sana.

Simak Video "Tung, Truntung, Tung! Komunitas Mobil Truntung Resmi Berdiri"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com