Rabu, 10 Jul 2019 10:32 WIB

Seberapa Laris Wuling Confero Bertransmisi ala Motor Bebek?

Dina Rayanti - detikOto
Wuling Confero S ACT. Foto: Pradita Utama Wuling Confero S ACT. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Wuling Confero bertransmisi e-clutch ala motor bebek akhirnya diluncurkan di Tanah Air beberapa bulan lalu. Sebelum meluncurkan Confero bertransmisi 'matik' ala motor bebek ini, Wuling Confero merupakan satu-satunya Low MPV yang tak memiliki varian otomatis tak seperti para kompetitornya Avanza, Xpander Cs.

Transmisi matik yang ditawarkan Wuling pada Confero sedikit berbeda. Pedal kopling menghilang dan pengoperasiannya mirip dengan motor bebek. Pergantian gigi bisa dilakukan tanpa harus menginjak pedal terlebih dahulu.


Lantas, berhasilkah strategi Wuling Confero dalam menghadapi lawannya yang telah memiliki transmisi otomatis sepenuhnya?

Mengacu pada data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Wuling Confero bertransmisi ala motor bebek ini masih kalah laris dengan versi manual murni. Pada bulan perdana kehadirannya, distribusi Confero bertransmisi ala motor bebek ini terkirim sebanyak 84 unit. Sedangkan masuk bulan kedua langsung menurun drastis yakni 27 unit.

Sementara versi manualnya untuk periode Mei 2019 mencapai 507 unit.

Wuling sendiri memilih transmisi ala motor bebek pada Confero karena tak memiliki girboks transmisi otomatis di negara asalnya China. Peminat mobil manual di Tanah Air pun masih tinggi, sehingga untuk menghadirkan varian matik pada Confero menjadi pertimbangan tersendiri.


Meski begitu, Wuling masih cukup pede dengan transmisi e-clutch karena menawarkan sesuatu yang berbeda dibandingkan para kompetitor lainnya.

"Konsumen akan merasakan sensasi berkendara yang baru dengan sistem transmisi di Confero S ACT ini. Benar-benar berbeda, mobil manual sensasi matik," sebut Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani beberapa waktu lalu.

Simak Video "Wuling Confero Dimodif Jadi Ambulans dan Mobil Klinik"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com