Jumat, 05 Jul 2019 15:37 WIB

Mesin Bensin dan Diesel Bertahan 30 Tahun Lagi

Ridwan Arifin - detikOto
Mesin BMW. Foto: BMW Mesin BMW. Foto: BMW
Munich - Meskipun berada di garis depan elektrifikasi mobil, pabrikan asal Jerman, BMW tetap berinvestasi dalam mesin pembakaran internal untuk masa mendatang.

"Asumsi terbaik 30 persen dari penjualan listrik (kendaraan baterai-listrik dan hibrida plug-in) pada tahun 2025 berarti bahwa setidaknya 80 persen kendaraan kami akan memiliki mesin pembakaran internal," Klaus Froelich, anggota dewan BMW Group untuk pengembangan, mengatakan di sela-sela acara perusahaan NextGen di Munich minggu ini seperti dikutip Autonews.

Froelich mengatakan BMW berharap agar mesin diesel bertahan setidaknya selama 20 tahun dan mesin bensin maksimal 30 tahun.



"Kami melihat daerah tanpa infrastruktur pengisian seperti Rusia, Timur Tengah dan barat, bagian dalam China sehingga mereka akan bergantung pada mesin bensin untuk 10 hingga 15 tahun lagi," kata Froelich.

Ia memprediksi kota-kota besar di China seperti Beijing dan Shanghai cukup mudah untuk menerima mobil listrik, perkiraannya hanya dalam waktu sekitar 10 tahun. Sementara Eropa akan lebih mudah menerima kendaraan plug-in hybrid.

"Kendaraan baterai-listrik lebih mahal dalam hal bahan baku baterai. Ini akan berlanjut dan akhirnya bisa memperburuk karena permintaan untuk bahan baku ini meningkat," ujar Froelich.



BMW akan mempertahankan mesin bakar untuk sementara waktu, namun perlahan produk yang menggunakan bensin dan diesel akan menyusut secara drastis. Salah satu hal yang membuatnya menyusut adalah semakin ketatnya regulasi emisi di tiap negara.

"Setiap tahun, kami harus berinvestasi untuk memperbarui V-12 ke peraturan emisi baru, khususnya di China," kata Froelich.

Salah satu contohnya pembuat mobil akan meninggalkan mesin tiga silinder 1,5 liter dieselnya. Ini akan hilang karena terlalu mahal untuk memenuhi standar emisi Eropa yang lebih ketat.

Simak Video "Lebih Dekat dengan Mobil Termewah BMW X7 'The President'"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com