Jumat, 05 Jul 2019 13:16 WIB

Depok akan Wajibkan Pemilik Mobil Punya Garasi, Kemenhub: Itu Bagus

Luthfi Anshori - detikOto
Warga yang parkir di pinggir jalan karena tak punya garasi Foto: Agung Pambudhy
Jakarta/Depok - Kementerian Perhubungan memberi apresiasi terhadap langkah Pemerintah Kota Depok yang menyusun rancangan peraturan daerah (Raperda) terkait kepemilikan garasi. Raperda ini akan mewajibkan pemilik mobil di Depok memiliki garasi.

"Menurut kami, pemilik mobil wajib punya garasi itu (peraturan) bagus," kata Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, ditemui detikcom, di Gedung Kemenhub, Jakarta Pusat.



Menurut Budi, dengan adanya aturan ini, maka seseorang tidak bisa dengan mudah memiliki mobil. Artinya, pertumbuhan kendaraan pribadi yang 'menggila' di kota-kota besar bisa ditekan. Dan akhirnya bisa mencegah kemacetan parah.

"Jadi tidak semua masyarakat bisa punya mobil pribadi. Terus apakah itu pelarangan jatuhnya? Ya mungkin bisa juga. Tapi ada pelajaran yang bisa diambil. Bahwa tidak masalah seseorang tidak punya mobil pribadi, kan masih bisa naik angkutan umum, sewa kendaraan, atau seperti ride sharing yang sedang booming saat ini," kata Budi.

Ia pun berharap rancangan perda tersebut bisa segera selesai. "Itu sudah raperda kan? Berarti sudah jadi draft-nya kan. Dan itu nanti tinggal (disahkan) jadi Perda," terangnya.



Sebelumnya dilansir dari detikNews, Pemkot Depok mengajukan rancangan perubahan Perda LLAJ dan sudah diajukan ke DPRD. Raperda yang diajukan merupakan revisi Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan. Raperda itu berkaitan dengan kepemilikan garasi bagi pemilik kendaraan roda empat.

Alasan pengajuan Raperda, karena Pemkot menerima banyak keluhan warga terkait fasilitas umum yang dipakai untuk garasi mobil.

"(Raperda) berawal dari banyaknya keluhan warga karena jalan lingkungan dipakai untuk garasi sehingga mengganggu warga yang lain, ada hak orang lain di fasilitas jalan karena kita hidup bermasyarakat," kata Kadishub Depok Dadang Wihana saat dihubungi detikcom Kamis (4/7/2019).

Simak Video "3 ABG Residivis Curanmor Diringkus Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com