Jumat, 05 Jul 2019 07:12 WIB

Mobil Korea Bikin Indomobil Naksir

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori/detikOto Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta - Indomobil Group baru saja mengambil alih penjualan KIA di Indonesia dari tangan pemegang merek sebelumnya KIA Mobil Indonesia. Melalui perusahaan PT Kreta Indo Artha, PT Indomobil Sukses Internasional memiliki saham sekitar 60 persen dan 40 persen dimiliki PT Sarimitra Kusuma Ekajaya.

"Ya betul. Kami sudah membentuk company baru. Joint venture, namanya PT Kreta Indo Artha. Saat ini kami sedang mengurus perizinan legalitas, seperti bisnis agreement dan segala macamnya," kata Direktur PT Indomobil Sukses Internasional Bambang Subijanto, di Jakarta, Selasa (2/7/2019).



Indomobil Group memiliki pertimbangan tersendiri saat 'mencaplok' kepemilikan merek asal Korea Selatan dari tangan PT KIA Mobil Indonesia.

"Mobil Korea sesuatu yang berpotensi di Indonesia. Dan KIA sendiri (kami rasa) sudah punya nama. Ketika kami ditawarkan, kami cukup tertarik. Kami akhirnya pertimbangkan (untuk mengambil alih penjualannya)," lanjut Bambang.



Dijelaskan Bambang, KIA di bawah PT Kreta Indo Artha akan memperkenalkan diri secara resmi pada September mendatang. Ia juga mengatakan di jajaran pengurus perusahaan saat ini, tidak ada nama pejabat dari KIA Mobil Indonesia yang direkrut di perusahaan baru tersebut.

"Kalau sudah beres semua mungkin (bisa saja) nanti kami akan panggil (direksi lama KMI)," pungkas Bambang. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com