Mau Sapa Indonesia, Ini Spesifikasi Eclipse Cross

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 04 Jul 2019 17:47 WIB
Mitsubishi Eclipse Foto: Mitsubishi
Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) berniat mendatangkan mobil baru di awal semester 2019. Setelah sebelumnya New Triton, MMKSI masih memiliki andalan lain untuk melantai di GIIAS 2019.

Salah satu kabar yang saat ini hangat ke permukaan, senjata andalan lainnya yang dipersiapkan Mitsubishi adalah segmen SUV Crossover, yakni Eclipse Cross. Di Asean, mobil ini sudah mendarat lebih dulu di Singapura dan Brunei Darussalam.



Besar kemungkinan mobil ini resmi mendarat ke Tanah Air, sebab Mitsubishi mengakui beberapa waktu lalu sedang mempelajari pasar dan segmentasinya di Indonesia.

Tentu spesifikasi Eclipse Cross apa yang ditawarkan di kedua negara tersebut?

Pertama di Brunei Darussalam, mencuplik dari laman GHK Motors.com, mobil ini ditawarkan pada satu pilihan GLX dengan pilihan kode mesin DOHC MIVEC 4811 berkapasitas 2.000 cc yang sama dengan mesin Mitsubishi Lancer Evo. Tenaga yang dikawinkan dengan tipe transmisi CVT dan sistem penggerak 2WD (Two Wheel Drive), sport mode dengan enam percepatan.

Berbeda dengan Brunei, di Singapura, Eclipse Cross ditawarkan dengan satu varian mesin kode MIVEC (4B40) berkapasitas 1.500 cc Turbo, transmisi CVT dan sistem penggerak 2WD (Two Wheel Drive), sport mode dengan 8 pilihan percepatan.

Mitsubishi EclipseMitsubishi Eclipse Foto: Mitsubishi


Dengan perkawinan mesin turbo tersebut, Eclipse Cross 1.5 Turbo mampu memuntahkan tenaga 163 PS di 5500 rpm dan torsi maksimal 250 Nm pada 1800 hingga 4500 rpm. Mampu melaju dari titik nol hingga 100 km/jam hanya 9.3 detik. Sepertinya mesin ini cocok untuk menjadi pesaing Honda CR-V?

Secara fitur, Mitsubishi Eclipse Cross di Singapura memang lebih royal disebutkan untuk menunjang kenyamanan saat berkendara. Sebagai negara tetangga, fitur ini juga sepertinya bakal masuk ke Indonesia, yakni terpasang Head Up Display (HUD) yang biasa digunakan pada mobil sport dan mewah.



Kemudian Smartphone Link Audio System (SDA) terletak di sebelah tombol shift di konsol tengah, pengemudi dapat menikmati operasi intuitif Audio Link Display Audio (SDA) dengan pengontrol touchpad untuk mengakses peta, musik, dan panggilan dengan mudah saat bepergian.

Sebagai fitur kemanan standar lainnya, pemilik Mitsubishi Eclipse Cross ini juga sudah bisa menikmati kecanggihan fitur lainnya seperti Keyless System, Multi Around Monitor (untuk membantu saat parkir ketika berhadapan dengan blindspot), Forward Collision Mitigation System (FCM) yang sama seperti di Triton dapat mengaplikasikan pengereman darurat dengan sensor visual di depan.

Mitsubishi EclipseMitsubishi Eclipse Foto: Dina Rayanti


Kemudian Automatic High Beam - secara otomatis mengalihkan lampu utama tinggi dan rendah dengan sensor visual depan dan sensor parkir memonitor sekeliling kendaraan ketika parkir dengan ultrasonic.

Mobil berkapasitas lima penumpang ini sebelumnya pernah muncul di perhelatan Geneva Motor Show 2017, penantian selama lebih dari setahun belum jua terwujud. Bila benar merapat ke Tanah Air, kira-kira seperti apa ya model yang bakal meluncur di Indonesia?

Pihak MMKSI pun masih menyimpan informasi tersebut. Saat disinggung apakah Eclipse Cross dapat menggantikan peran dari Outlander.



"Ya kita lihat aja nanti kalau diluncurkan atau memang tidak diluncurkan kita tunggu. Kalau memang jadi di-launch kita baru bicarakan," ujar Irwan di Jakarta usai peluncuran New Triton.

Pun saat mencoba mendapatkan jawaban direksi yang lain mengatakan hal yang senada. Segmennya beda lho, makanya nanti tanggal 9 Juli datang memenuhi undangan MMKSI, kita akan konferensi pers di sana," ujar Imam.

Bila Eclipse Cross benar mendarat, Indonesia jadi negara berikutnya di ASEAN setelah Singapura dan Brunei Darussalam. Seperti yang diketahui Mitsubishi agak berbeda, sebab perusahaan Jepang ini meluncurkan mobil baru sebelum perhelatan GIIAS 2019. (riar/lth)